Sabtu, Mei 18, 2024
BerandaBaliWebinar Kominfo di Klungkung, Bahas Peluang dan Tantangan Generasi Alpha di Era...

Webinar Kominfo di Klungkung, Bahas Peluang dan Tantangan Generasi Alpha di Era Digital

UPDATEBALI.com, KLUNGKUNG – Perkembangan teknologi digital telah mempengaruhi berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Dalam rangka menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang di era digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bali akan menyelenggarakan webinar literasi digital untuk mempersiapkan Generasi Alpha (Gen Alpha). Acara ini akan dilaksanakan di Kabupaten Klungkung, Bali, pada Selasa 14 Mei 2024 pagi.

Gen Alpha, yang lahir setelah generasi Z, memiliki kecenderungan alami dalam menggunakan teknologi digital sejak dini. Mereka diprediksi akan menjadi penggerak utama dalam inovasi teknologi dan perkembangan digital di masa mendatang.

Dalam webinar yang bertema “Welcoming Gen Alpha: Chance & Challenge in Digital Era”, akan dihadirkan tiga narasumber utama, antara lain Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Klungkung, I Ketut Sujana, pemerhati Telematika dan Multimedia KRMT Roy Suryo, serta musisi Danin Sibilo. Diskusi ini akan dimoderatori oleh Khadafi.

Baca Juga:  Polres Tabanan Siapkan Pos Pengamanan dan Rute Alternatif untuk Mudik Lebaran

Peserta webinar dapat mendaftar secara gratis melalui tautan https://s.id/pendaftaranbalinustra140524. Selain mendapatkan e-sertifikat dari Kemenkominfo, akan ada juga voucher e-wallet senilai total Rp 1 juta untuk 10 peserta yang terpilih dengan pertanyaan interaktif paling menarik.

Menurut Kemenkominfo, Gen Alpha, yang lahir antara tahun 2010-2025, adalah generasi asli digital yang tumbuh di era teknologi. Mereka telah terbiasa dengan teknologi digital sejak lahir, seperti berbagai video di YouTube dan permainan daring. Oleh karena itu, penting bagi mereka untuk mendapatkan arahan yang tepat agar dapat menggunakan teknologi dengan bijaksana dan etis.

Baca Juga:  Banjir Rob Mengancam Daerah Pesisir Tujuh Pulau di NTT

Diskusi online ini akan melibatkan siswa dan tenaga pendidik dari beberapa sekolah menengah di Kabupaten Klungkung, yang akan menggelar nonton bareng (nobar) acara tersebut. Beberapa sekolah peserta nobar termasuk SMPN 1, SMPN 2, dan SMPN 3 Banjarangkan, SMPN 1, SMPN 2, dan SMPN 3 Dawan, serta SMPN 1, SMPN 2, SMPN 3, dan SMPN 4 Semarapura.

Baca Juga:  Sekda Adi Arnawa Hadiri HUT ST Kertha Muda Yasa dan ST Jaya Chanti Kedonganan

Webinar ini merupakan bagian dari Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) yang digelar Kemenkominfo sejak 2017. GNLD bertujuan untuk mempercepat transformasi digital di sektor pendidikan dan masyarakat umum, menuju Indonesia yang #MakinCakapDigital.

Program #literasidigitalkominfo telah bergulir sejak Februari 2024, dengan kolaborasi bersama Siber Kreasi dan 142 mitra jejaring, termasuk akademisi, perusahaan teknologi, dan organisasi masyarakat sipil. Hal ini sejalan dengan hasil survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) yang mencatat bahwa pengguna internet di Indonesia pada tahun 2024 telah mencapai 221,5 juta jiwa dari total populasi 278,7 juta jiwa.(yud/ub)

BERITA TERKAIT
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments