Jumat, Juni 14, 2024
BerandaBaliWebinar Kominfo di Gianyar Bahas Tren Games dan E-Sports di Era Digital

Webinar Kominfo di Gianyar Bahas Tren Games dan E-Sports di Era Digital

UPDATEBALI.comGIANYAR – Perkembangan industri digital telah melahirkan cabang olahraga baru yang dikenal dengan nama eSports. Cabang olahraga ini langsung menarik minat jutaan anak di seluruh dunia, termasuk Indonesia, dengan e-Sports terus mendorong pertumbuhan industri gaming global dan nasional.

Untuk memperjelas dan membedakan jenis permainan yang melibatkan motorik halus dalam kategori eSports, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bali mengadakan webinar literasi digital. Acara ini ditujukan untuk segmen pendidikan di Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali, dan akan berlangsung pada Sabtu 18 Mei 2024 pagi, pukul 09.00 WITA.

Webinar yang bertemakan “Tren Games dan E-Sports di Era Digital” ini akan menampilkan tiga pembicara, yakni Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gianyar Dewa Ngakan Putu Manuaba, pemerhati telematika dan multimedia KRMT Roy Suryo, serta penyiar radio Danin Sibilo. Diskusi ini akan dipandu oleh moderator Fifien Ervianti.

Baca Juga:  Kasus Gratifikasi Mantan Kajari Buleleng, Kadisdikpora Dicecar 17 Pertanyaan

Acara ini juga akan dibuka oleh Menteri Kominfo, Budi Arie Setiadi, yang akan menyampaikan keynote speech. Selain diikuti siswa dan guru melalui kegiatan nonton bareng (nobar), webinar ini dapat diikuti secara gratis dengan mendaftar melalui link pendaftaran https://s.id/PendaftaranBalinustra180524.

“Peserta akan mendapatkan e-sertifikat resmi dari Kemenkominfo dan tersedia voucher e-wallet senilai Rp 1.000.000 untuk 10 peserta yang mengajukan pertanyaan terbaik selama webinar,” tulis Kemenkominfo dalam rilis kepada awak media, Jumat 17 Mei 2024.

Mengenai topik webinar, Kemenkominfo menjelaskan bahwa eSports memiliki peluang prestasi dan mendorong industri kreatif. Banyak tim eSports yang telah mengukir prestasi di tingkat dunia. Menjadi atlet eSports kini menjadi salah satu cita-cita generasi muda Indonesia yang tumbuh dengan permainan digital seperti Mobile Legends dan lainnya.

Baca Juga:  Bupati Sanjaya Lantik 18 Pejabat Struktural, Harapkan Pelayanan Publik Berjalan Optimal

“Pemerintah Indonesia mendukung cabang olahraga eSports dan telah membentuk PBESI (Pengurus Besar Esports Indonesia),” tambah Kemenkominfo.

Beberapa sekolah yang berpartisipasi dalam kegiatan nobar ini antara lain SMPN 1 dan SMPN 2 Blahbatuh, SMPN 1 dan SMPN 2 Gianyar, SMPN 1 Payangan, SMPN 1 Sukawati, SMPN 1 dan SMPN 2 Tampaksiring, serta SMPN 1 dan SMPN 2 Ubud.

Webinar di Gianyar ini merupakan bagian dari program Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) yang diinisiasi oleh Kemenkominfo. GNLD adalah upaya mempercepat transformasi digital di sektor pendidikan dan masyarakat, menuju Indonesia yang #MakinCakapDigital. Hingga akhir 2023, sebanyak 24,6 juta orang telah mengikuti program peningkatan literasi digital yang dimulai sejak 2017. Kemenkominfo menargetkan peningkatan literasi digital hingga 50 juta masyarakat Indonesia pada akhir 2024.

Baca Juga:  Kemkominfo Lakukan Koordinasi Antarlembaga untuk Awasi Transaksi NFT

Pada tahun ini, program #literasidigitalkominfo yang dimulai pada Februari 2024, berkolaborasi dengan Siber Kreasi dan 142 mitra jejaring seperti akademisi, perusahaan teknologi, dan organisasi masyarakat sipil. Program ini bertujuan meningkatkan kemampuan masyarakat Indonesia dalam memanfaatkan teknologi digital secara positif, kreatif, produktif, dan aman.

Kecakapan digital menjadi penting karena, menurut hasil survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), pengguna internet di Indonesia pada 2024 telah mencapai 221,5 juta jiwa dari total populasi 278,7 juta jiwa. Survei APJII juga menunjukkan bahwa tingkat penetrasi internet Indonesia pada 2024 menyentuh angka 79,5 persen, meningkat 1,4 persen dari periode sebelumnya.(yud/ub)

BERITA TERKAIT
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments