Jumat, Juni 14, 2024
BerandaBaliPersiapan 'Bali Nice' Rampung, Pelepasan Satwa dan Upacara Segara Kerthi Siap Sambut...

Persiapan ‘Bali Nice’ Rampung, Pelepasan Satwa dan Upacara Segara Kerthi Siap Sambut Delegasi WWF

UPDATEBALI.com, DENPASARPenjabat (Pj.) Gubernur Bali, S.M. Mahendra Jaya, mendampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI, Basuki Hadimuljono, yang juga Ketua Harian Panitia Nasional Penyelenggara World Water Forum (WWF) ke-10, dalam meninjau persiapan acara ‘Bali Nice’ di kawasan Pantai Bali Turtle Island Development (BTID) pada Jumat 17 Mei 2024 siang.

Kunjungan tersebut mencakup peninjauan sejumlah spot penting untuk upacara Segara Kerthi, termasuk lokasi ritual, pertunjukan budaya dengan pementasan tari, serta tempat pelepasan satwa ke alam bebas. Para peserta acara akan melepaskan 1.000 ekor tukik, 1.000 ekor burung, dan 5 ekor penyu ke habitat alami mereka.

Selain itu, Menteri Basuki dan Pj Gubernur Bali, bersama sejumlah kepala perangkat daerah terkait, mendiskusikan tahap akhir persiapan penyambutan delegasi VVIP. Penyambutan tersebut akan menampilkan Tari Pendet oleh penari remaja serta pelajar SMA yang membawa bendera dengan iringan baleganjur di berbagai titik jalur yang akan dilalui delegasi.

Baca Juga:  Delegasi WWF Thailand Terpesona dengan Sistem Subak di Jatiluwih

Menteri Basuki menekankan pentingnya upacara Segara Kerthi dalam acara ‘Bali Nice’, yang menurutnya bukan hanya sekadar pertunjukan bagi para delegasi, tetapi juga upacara sesungguhnya untuk mensucikan air sesuai dengan kearifan lokal Bali.

“Ini bukan hanya show bagi orang luar, tapi sebuah upacara sesungguhnya bagaimana kita mensucikan air, sesuai dengan local wisdom di Bali,” tandas Basuki.

Baca Juga:  Bakal Dikunjungi Delegasi World Water Forum, Pemprov Bali Cek Kesiapan Desa Wisata Penglipuran

Ia juga memastikan kesiapan seluruh penyelenggara dan aspek pendukung untuk menggelar event ‘Bali Nice’ sudah matang dan optimis bahwa acara tersebut akan berjalan lancar.

“Semuanya sudah siap, Bapak Pj (Pj Gubernur Bali, red) juga sudah siap, semoga semuanya berjalan dengan lancar besok sore,” imbuhnya.

Event ‘Bali Nice’ akan menjadi bagian dari rangkaian World Water Forum (WWF) ke-10 yang berlangsung dari 18-25 Mei 2024. Salah satu kegiatan utama adalah upacara Segara Kerthi di kawasan Pantai BTID, bertepatan dengan perayaan Tumpek Uye pada Sabtu (18/5/2024). WWF ke-10 mengusung tema “Water Shared Prosperity” atau Air untuk Kemakmuran Bersama.

Baca Juga:  Sebanyak 90 Orang Pasien Covid-19 Sembuh di Kota Denpasar

Acara ‘Bali Nice’ bertemakan “Merawat Air Melindungi Sarwa Prani” bertujuan untuk memohon anugerah agar laut tetap bersih secara sekala dan niskala serta menyukseskan penyelenggaraan WWF ke-10. Kegiatan ini akan melibatkan panitia nasional dan peserta WWF, Gubernur dan pimpinan OPD Pemprov Bali, Bupati/Walikota se-Bali, pejabat instansi vertikal, tokoh adat, dan masyarakat Desa Adat Serangan yang mewilayahi kawasan pantai BTID.

Hingga saat ini, lebih dari 1.700 delegasi telah mendaftar untuk menghadiri rangkaian perhelatan ‘Bali Nice’. Diperkirakan 11 kepala negara dan 105 menteri akan hadir dalam WWF ke-10 ini.(yud/ub)

BERITA TERKAIT
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments