Sabtu, Mei 18, 2024
BerandaBaliSekda Dewa Indra Dorong Akselerasi Penyerapan dan Akuntabilitas TKDD

Sekda Dewa Indra Dorong Akselerasi Penyerapan dan Akuntabilitas TKDD

UPDATEBALI.com, DENPASAR – Sekretaris Daerah Provinsi Bali, Dewa Made Indra, menghadiri Rapat Koordinasi Daerah Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik dan Dana Desa Provinsi Bali Tahun 2024, di Aula A Gedung Keuangan Negara I Denpasar pada Selasa 14 Mei 2024.

Dalam sambutannya, Sekda Dewa Indra menyampaikan apresiasi atas penyaluran Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD), seperti Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Bagi Hasil (DBH), Dana Alokasi Khusus (DAK) baik fisik maupun non fisik, serta Dana Desa, yang dialokasikan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) kepada daerah dan desa.

Sekda Dewa Indra menekankan pentingnya penyerapan DAK fisik bagi daerah dalam mendukung APBD untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas sarana prasarana fisik. Ia mendorong perangkat daerah untuk mengakselerasi penyerapan DAK fisik sesuai dengan perencanaan dan target yang telah ditetapkan.

Baca Juga:  Aktor Randa Septian Diringkus Terkait Ganja

“Dari hasil evaluasi, penyerapan DAK tahap 1 Tahun 2024 di Provinsi Bali belum optimal. Kita harus memperkuat dan mengakselerasi perangkat daerah untuk penyerapannya agar dapat terserap tepat waktu dan sesuai dengan target yang telah ditetapkan,” ujarnya.

Sekda Bali juga menyoroti pentingnya akuntabilitas dalam penyerapan TKDD, terutama dalam penyerapan dana desa yang jumlahnya meningkat dari tahun ke tahun. Ia menegaskan perlunya pengawasan yang kuat untuk memastikan dana desa digunakan secara efektif dalam meningkatkan perekonomian dan kemajuan desa.

Baca Juga:  Melalui Temu Wirasa 2023, Bupati Suwirta Ajak Masyarakat Bangga Menjadi Warga Klungkung

“Mari kita pastikan TKDD terserap dengan baik dan memberikan manfaat nyata. TKDD harus terserap maksimal, dikelola secara optimal, dan memberikan hasil yang maksimal dengan akuntabilitas yang baik,” tandasnya.

Rapat Koordinasi Daerah DAK Fisik dan Dana Desa Provinsi Bali Tahun 2024 dihadiri oleh Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Bali, Sekretaris Daerah Kabupaten/Kota se-Bali, para Inspektur Kabupaten/Kota se-Bali, serta Kepala BPKAD Kabupaten/Kota se-Bali. Pada kesempatan ini, diserahkan sejumlah penghargaan kepada pemerintah daerah Kabupaten/Kota se-Bali, termasuk penghargaan kepada Pemda pengelola DAK fisik terbaik, Pemda pengelola dana desa terbaik, Pemda pendukung penyalur KUR terbaik, serta Pemda dengan jumlah rekam kontrak DAK fisik terbanyak. (yud/ub)

BERITA TERKAIT
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments