Jumat, Juni 14, 2024
BerandaBaliBadungSekda Badung Hadiri Karya Ngenteg Linggih di Pura Sedan Penyarikan, Banjar Cepaka

Sekda Badung Hadiri Karya Ngenteg Linggih di Pura Sedan Penyarikan, Banjar Cepaka

UPDATEBALI.comBADUNG – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Badung, I Wayan Adi Arnawa, mewakili Bupati Badung menghadiri upacara Karya Ngenteg Linggih di Pura Sedan Penyarikan, Banjar Adat Cepaka, Desa Dalung, Kecamatan Kuta Utara, pada Selasa 21 Mei 2024.

Kehadiran Sekda Adi Arnawa sekaligus memberikan apresiasi dan semangat kepada krama Banjar Cepaka dalam melaksanakan karya yang merupakan wujud bhakti kepada Ida Sesuhunan Pura Sedan Penyarikan.

Pada kesempatan tersebut, Adi Arnawa mengungkapkan bahwa Pemerintah Kabupaten Badung telah memberikan hibah sebesar Rp. 1 miliar pada tahun 2019 untuk pembangunan Balai Banjar Cepaka dan Rp. 190 juta dari BKK Anggaran Perubahan Tahun 2023. Selain itu, untuk mendukung pelaksanaan pujawali, Sekda Adi Arnawa menyerahkan punia dana pribadi sebesar Rp. 5 juta. Anggota DPRD Provinsi Bali, I Bagus Alit Sucipta, juga memberikan punia sebesar Rp. 5 juta.

Baca Juga:  Bupati Badung Hadiri HUT Ke-45 ST. Sila Dharma Bersama ST. Sila Karma Desa Tegal Darmasaba

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua DPRD Badung I Putu Parwata, anggota DPRD Badung Yayuk Agustin Lessy, perwakilan Camat Kuta Utara, Tripika Kecamatan Kuta Utara, Sekdes Dalung, Bendesa Adat Dalung I Nyoman Widana, Kelian Dinas se-Desa Dalung, Kelian Banjar Adat se-Desa Dalung, tokoh masyarakat, serta krama Adat dan Dinas Banjar Cepaka.

Dalam sambutannya, Sekda Adi Arnawa mengajak krama untuk bersama-sama ngrastiti ida bhatara agar pujawali berjalan lancar. Ia juga berterima kasih atas semangat krama Banjar Cepaka yang telah bersatu untuk melaksanakan yadnya. “Kami harapkan krama Banjar Cepaka tetap bersatu. Melalui kebijakan Bapak Bupati Giri Prasta, semua Balai Banjar di Kabupaten Badung sudah mendapatkan bantuan perbaikan, salah satunya Banjar Cepaka ini, sehingga saat ini bisa melaksanakan upacara pujawali ngenteg linggih,” ungkapnya.

Baca Juga:  Sekda Adi Arnawa Buka Turnamen Ceki Desa Adat Gerih

Sekda Adi Arnawa juga menyampaikan tentang pembangunan jalur MRT yang akan dilaksanakan oleh Menteri PUPR dan Pemerintah Kabupaten Badung sebagai upaya mengatasi kemacetan di wilayah Badung dan Denpasar. Pelaksanaan peletakan batu pertama yang awalnya dijadwalkan awal tahun 2024 masih tertunda karena menunggu kajian teknis dari pusat dan investor.

“Berkenaan dengan momentum upacara pujawali ini, mari kita bersama-sama berdoa agar pelaksanaan pembangunan MRT segera bisa dilaksanakan sebagai upaya mengatasi kemacetan yang terjadi saat ini. Semoga pemerintah mampu untuk melaksanakan itu karena pondasi pariwisata budaya sudah kita kuatkan dan sekarang kita tingkatkan kenyamanan wisatawan,” harapnya.

Kelian Banjar Adat Cepaka, I Made Agus Juniarta, atas nama krama Banjar Cepaka, menyampaikan terima kasih atas kehadiran Sekda Adi Arnawa. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati Badung yang telah membantu pembangunan Balai Banjar Adat Cepaka hingga rampung, serta bantuan Gong Gede, inventaris Banjar, dan inventaris Sekaa Teruna.

Baca Juga:  Banjar Delod Yeh Desa Kekeran Gelar Lomba Mancing

“Semangat krama Banjar Cepaka untuk ngayah dalam karya ini sangatlah tinggi. Meskipun dilaksanakan oleh satu banjar dengan 40 krama pengarep, semua bisa terlaksana karena semangat dan rasa jengah. Kesuksesan Karya Ngenteg Linggih Pura Ratu Sedan Penyarikan Wraspati Kalpa Banjar Cepaka tidak terlepas dari dukungan Pemerintah Kabupaten Badung yang memberikan banyak bantuan untuk kemajuan pembangunan hingga saat ini. Mengenai dudonan karya, Puncak Karya dilaksanakan pada tanggal 22 Mei 2024 dengan dana bersumber dari swadaya krama Banjar Adat Cepaka dan bantuan dana APBDes Dalung sebesar Rp. 250 juta,” jelasnya.(den/ub)

BERITA TERKAIT
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments