Minggu, Juni 16, 2024
BerandaBaliMengenal Lebih dalam Tentang Diabetes Melitus: Ancaman Kesehatan di Era Modern

Mengenal Lebih dalam Tentang Diabetes Melitus: Ancaman Kesehatan di Era Modern

UPDATEBALI.comBULELENG – Kesehatan merupakan aspek yang semakin penting dalam masyarakat modern, namun kesibukan sehari-hari seringkali mengabaikannya. Salah satu ancaman kesehatan yang sering diabaikan adalah diabetes melitus, atau yang lebih dikenal sebagai kencing manis.

Dalam sebuah Podcast B-Kom pada Selasa 7 Mei 2024, dr. Ni Made Nova Andari Kluniari, dokter spesialis penyakit dalam yang bertugas di Rumah Sakit Umum Daerah Buleleng, menjelaskan secara rinci tentang diabetes melitus dan langkah-langkah untuk mencegahnya.

Menurut dr. Nova, diabetes melitus adalah suatu kondisi dimana tubuh memiliki kadar gula darah yang tinggi. Secara global, jumlah penderita diabetes melitus terus meningkat, sebagian besar disebabkan oleh pola makan yang tinggi gula dan gaya hidup yang kurang aktif.

Baca Juga:  Kristal di Urine belum Tentu Pertanda Batu Ginjal, Cek Penjelasannya

“Faktor-faktor seperti gaya hidup yang kurang aktif dan pola makan yang tidak sehat dapat meningkatkan risiko diabetes,” jelas dr. Nova.

Dr. Nova juga menekankan bahwa pola hidup modern yang sering kali melibatkan banyak teknologi dapat menyebabkan kurangnya aktivitas fisik, yang juga merupakan faktor risiko untuk diabetes.

Terkait gejala, dr. Nova mengungkapkan bahwa ada empat gejala utama yang harus diwaspadai, yaitu haus berlebihan, buang air kecil berlebihan, lapar berlebihan, dan penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas.

Baca Juga:  Gandeng Kemenag NTB, Kemenkominfo Gelar Webinar Bahas Urgensi Waspadai Rekam Jejak Digital

Untuk mencegah diabetes, dr. Nova menyarankan beberapa langkah praktis, antara lain rutin berolahraga, menjaga berat badan ideal, mengonsumsi makanan rendah gula dan karbohidrat kompleks, melakukan pengecekan gula darah secara berkala, mengelola stres, dan menghindari kebiasaan merokok.

“Dengan menerapkan langkah-langkah ini, seseorang dapat mengurangi risiko terkena diabetes dan menjaga kesehatan secara keseluruhan,” tambah dr. Nova.

Baca Juga:  Kembangkan Model Deteksi ADHD, Sudarma Adiputra Raih Gelar Doktor Ilmu Kedokteran

Penting bagi masyarakat untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya pencegahan diabetes melalui perubahan gaya hidup sehari-hari, demi memastikan kesehatan yang optimal di tengah dinamika kehidupan modern.(adv/ub)

BERITA TERKAIT
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments