Sabtu, April 13, 2024
BerandaBaliDuta Genre Buleleng 2024, Pemimpin Muda Perangi Dampak Negatif Perubahan Zaman

Duta Genre Buleleng 2024, Pemimpin Muda Perangi Dampak Negatif Perubahan Zaman

UPDATEBALI.com, BULELENG – Melihat arus perubahan zaman yang semakin cepat, terutama yang mempengaruhi perilaku remaja, Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KBP3A) Kabupaten Buleleng menjalankan Program Penyiapan Kehidupan Berkeluarga bagi Remaja (PKBR).

Dengan fokus pada menciptakan Generasi Berencana (Genre), program ini bertujuan membantu remaja memahami dan menerapkan perilaku hidup sehat dan bermoral.

I Nyoman Riang Pustaka, Kepala Dinas P2KBP3A, menjelaskan bahwa untuk mewujudkan Genre berkualitas, diperlukan strategi yang terencana dan kolaborasi lintas sektor. Setiap tahun, duta Genre dipilih dari sekolah-sekolah SMA/SMK dan perguruan tinggi di Kabupaten Buleleng. Tahun ini, terdapat tambahan utusan perwakilan Genre dari tiga desa: Randu, Tampekan, dan Suwug.

Baca Juga:  Wabup Suiasa Hadiri Diseminasi Audit Kasus Stunting Tahun 2023

“Pemilihan duta Genre adalah upaya mencari remaja yang dapat menjadi contoh baik dan motivator bagi remaja lain dalam membangun keluarga berkualitas,” jelas Kadis Riang Pustaka.

Seleksi duta Genre dilakukan melalui beberapa tahap, termasuk tes tertulis, pemaparan program kerja, dan wawancara. Dari proses seleksi tersebut, terpilihlah lima pasang duta Genre Buleleng Tahun 2024. Pasangan terbaik kali ini adalah Komang Adi Suryawan dan Kadek Ayu Gayatri Astha dari Undiksha Singaraja.

Baca Juga:  Dua Rider Asal Bali Ikuti Honda Track Day 2023 ke Mandalika

Diharapkan bahwa para duta Genre ini akan menjadi motivator bagi remaja lainnya untuk menjalani kehidupan yang positif, menjauhkan diri dari perilaku negatif seperti seks bebas, pernikahan dini, dan penyalahgunaan narkoba. Mereka diharapkan juga dapat membantu mengurangi kasus stunting dengan mempromosikan gaya hidup sehat.

“Kami berharap, dengan perhatian bersama, remaja di Buleleng dapat terhindar dari dampak negatif perubahan zaman dan fokus pada pendidikan mereka hingga perguruan tinggi,” tambahnya.(adv/ub)

BERITA TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments