Minggu, Juni 16, 2024
BerandaBaliCegah Stunting, Desa Dauh Puri Kaja Galakkan Posyandu Remaja

Cegah Stunting, Desa Dauh Puri Kaja Galakkan Posyandu Remaja

UPDATEBALI.comDENPASAR – Desa Dauh Puri Kaja terus memperkuat upaya dalam meningkatkan pelayanan kesehatan, khususnya bagi remaja. Dalam rangka ini, Desa Dauh Puri Kaja menggelar pembinaan bagi kader Posyandu dengan fokus pada peningkatan layanan Posyandu Remaja di setiap dusun. Acara ini digelar di Rest Area Uma Palak Peguyangan pada Sabtu 11 Mei 2024.

Perbekel Desa Dauh Puri Kaja, Gusti Ketut Sucipta, menyatakan komitmen Desa Dauh Puri Kaja dalam memberikan layanan kesehatan berkala kepada remaja, dengan penekanan pada aspek kesehatan reproduksi untuk kedua jenis kelamin.

“Gagasan utama dari kegiatan ini adalah untuk mendeteksi dan mencegah masalah kesehatan remaja, dengan fokus utama pada pencegahan stunting sejak dini. Kami juga menyediakan layanan psikologis dalam kegiatan ini, yang akan diselenggarakan oleh tenaga kesehatan dari UPTD Puskemas III Denpasar Utara,” jelasnya.

Baca Juga:  Bocah Empat Tahun Selamat Usai Tertimbun Runtuhan Bangunan 3 Hari di Cianjur

Peran kader Posyandu Remaja dianggap sangat penting dalam kegiatan ini, terutama dalam melakukan pengukuran tensi, pemeriksaan HB, pengukuran lingkar lengan, dan aspek kesehatan remaja lainnya.

Untuk pelaksanaan Posyandu Remaja pertama, akan dilakukan di Banjar Wangaya Kelod, dan akan diadakan dua kali dalam sebulan di setiap banjar dan dusun yang ada di Desa Dauh Puri Kaja.

Baca Juga:  Jelang Nyepi, Rumah Sakit di Tabanan Siapkan Logistik Kesehatan

“Dengan jadwal penggelaran Posyandu Remaja setiap dua bulan sekali di tiap banjar, kami berharap dapat mencegah terjadinya stunting dengan mendeteksi secara dini,” tambahnya.

Inisiatif Desa Dauh Puri Kaja ini menjadi contoh nyata bagaimana pembinaan kader Posyandu Remaja dapat memperkuat pelayanan kesehatan yang terpadu, memberikan dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat, terutama generasi muda.(per/ub)

BERITA TERKAIT
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments