Minggu, Juni 16, 2024
BerandaBaliTangkapan Layar Artikel Menteri Agama Yaqut Minta Dana Haji untuk IKN Ternyata...

Tangkapan Layar Artikel Menteri Agama Yaqut Minta Dana Haji untuk IKN Ternyata Hoaks

UPDATEBALI.com, DENPASAR – Beredar tangkapan layar yang menunjukkan judul artikel seolah-olah Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas meminta masyarakat mengikhlaskan dana haji untuk pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN). Namun, setelah ditelusuri, narasi tersebut adalah hoaks.

Narasi bahwa Menag Yaqut meminta masyarakat mengikhlaskan dana haji untuk pembangunan IKN dibagikan oleh beberapa akun media sosial. Tangkapan layar artikel yang dibagikan tersebut berjudul “Menag minta masyarakat ikhlaskan Dana Haji dipakai untuk IKN”. Salah satu akun bahkan menuliskan keterangan berikut:

“Wahai para Calon Jemaah Haji
Kira² kalian bisa tidak me ikhlaskan uang kalian yg selama ini di setorkan untuk berhaji dan di pakai untuk pembangunan IKN. Ibarat mau bikin Rumah mewah tetapi uang gak punya. Kalau gak punya uang untuk membangun maka jangan dipaksakan membangun. Lalu kemana dana Bansos kekayaan alam dan emas timah 271 T 11 T di kantong tuh si manusia gorong² mana????”

Baca Juga:  UPT Perpustakaan Unud Dikunjungi Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Jakarta

Tim Cek Fakta updatebali.com melakukan penelusuran dengan teknik reverse image search dan menemukan bahwa gambar tangkapan layar tersebut identik dengan unggahan di laman Pikiran Rakyat. Artikel aslinya berjudul “Menag Yaqut Cholil Qoumas Diminta Turun dari Jabatannya, Buntut Ucapan Selamat Lebaran”.

Jadi bisa dipastikan narasi yang menyebut Menag Yaqut meminta masyarakat agar mengikhlaskan dana haji untuk pembangunan IKN adalah hoaks. Informasi keliru ini telah muncul sejak 2022, dan Menag Yaqut tidak pernah mengeluarkan pernyataan terkait penggunaan dana haji di luar keperluan penyelenggaraan ibadah haji.(den/ub)

BERITA TERKAIT
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments