Minggu, Juni 16, 2024
BerandaBaliSeminar Pendidikan Politik, Meningkatkan Literasi dan Partisipasi Masyarakat Buleleng saat Pilkada 2024

Seminar Pendidikan Politik, Meningkatkan Literasi dan Partisipasi Masyarakat Buleleng saat Pilkada 2024

UPDATEBALI.comBULELENG – Dalam semangat Bulan Bung Karno, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Buleleng menggelar seminar pendidikan politik yang bertujuan untuk meningkatkan literasi politik dan partisipasi masyarakat dalam menyongsong Pilkada Serentak Nasional 2024.

Dengan tema “Politik Berdaulat, Pilkada Bermartabat, Buleleng Kuat”, seminar ini diadakan di Gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) KUMKM Kabupaten Buleleng pada Senin 10 Juni 2024.

Kepala Kesbangpol Buleleng, Kappa Aryandono, dalam pembukaan seminar, menekankan pentingnya pendidikan politik sebagai landasan bagi partisipasi aktif masyarakat dalam Pilkada Serentak Nasional 2024, terutama dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di Kabupaten Buleleng.

Baca Juga:  Sekda Alit Wiradana Gelorakan Sepirit Vasudhaiva Kutumbakam Wujudkan Kerukunan Umat Beragama

“Seminar ini ditujukan kepada berbagai organisasi kemasyarakatan, termasuk OKP, Karang Taruna, mahasiswa, dan pelajar. Kami juga berencana melibatkan komponen masyarakat lainnya ke depannya,” ujar Aryandono.

Aryandono juga menyoroti peran vital organisasi kemasyarakatan dalam pemilihan umum dan kepala daerah, khususnya dalam menciptakan kondisi yang kondusif dan memperkuat persatuan bangsa.

“Kami mengajak seluruh peserta untuk turut serta dalam meningkatkan partisipasi masyarakat pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Buleleng tahun 2024,” tambahnya.

Melalui kegiatan ini, diharapkan para peserta dapat memperoleh pemahaman yang komprehensif mengenai proses pemilihan kepala daerah, serta terdorong untuk menjadi pemilih yang cerdas, kritis, dan berintegritas pada 27 November 2024. Seminar ini juga diharapkan mampu menginspirasi masyarakat Buleleng untuk aktif dalam mewujudkan politik yang berdaulat dan pilkada yang bermartabat.

Baca Juga:  Desa Dangin Puri Klod Laksanakan Kegiatan Padat Karya Tunai Hewani Dan Nabati

Ketua KPU Bali, I Dewa Agung Gede Lidartawan, yang turut hadir sebagai pemateri, memberikan sambutan positif terhadap kegiatan seminar ini. Lidartawan menekankan pentingnya wawasan politik bagi generasi muda yang akan memainkan peran penting dalam proses pemilu mendatang.

“56% dari total pemilih adalah generasi muda. Saya mengajak para pemuda untuk turut serta aktif dalam proses pemilu. Mari bersama-sama menciptakan Buleleng yang kuat melalui literasi politik,” tegasnya.

Baca Juga:  Berbeda dari Lainnya, Aneka Satwa di Bali Safari Park Ikut Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-77

Di sisi lain, I Nengah Muliarta, Koordinator Wilayah AMSI Bali, memberikan materi tentang mitigasi hoaks sebelum Pilkada Bali. Ia menekankan pentingnya pemahaman generasi muda terhadap media sosial dan informasi daring sebelum menerima dan menyebarkan informasi.

“Banyak calon pasangan calon sudah aktif di media sosial dan daring. Kita harus bijak dalam menyaring informasi sebelum adanya penentuan resmi dari KPU. Mari kita bersama-sama berhati-hati,” pintanya.(adv/ub)

BERITA TERKAIT
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments