Jumat, Juni 14, 2024
BerandaBaliRestorative Justice Bebaskan Omyati dari Kasus Pencurian Sepeda Motor

Restorative Justice Bebaskan Omyati dari Kasus Pencurian Sepeda Motor

UPDATEBALI.com, TABANAN – Omyati, perempuan 38 tahun yang sempat ditahan selama dua bulan karena terlibat kasus pencurian sepeda motor, kini dapat menikmati kebebasan berkat restorative justice yang diajukan oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Tabanan. Pelepasan rompi tahanannya dilakukan oleh Kepala Kejaksaan Negeri Tabanan pada Rabu, 5 Juni 2024, menandai kembalinya Omyati ke kehidupan normal.

Omyati terjerat kasus hukum karena membantu kekasihnya, Ivan, mencuri sepeda motor milik bos mereka di tempat kerja sebagai buruh cetak batako di Desa Perean Tengah, Baturiti, pada Maret 2023. Sementara Ivan saat ini masih buron.

Kepala Kejari Tabanan, Ni Made Herawati, SH, menjelaskan bahwa keputusan untuk mengajukan restorative justice ini melewati serangkaian proses hukum yang panjang.

Baca Juga:  Kesepakatan Restorative Justice Bebaskan Gede Nuarta Putra dari Jeratan Hukum

“Kemurahan hati korban yang memaafkan perbuatan tersangka dan jaminan bahwa tersangka tidak akan mengulangi perbuatannya memungkinkan upaya restorative justice ini dilaksanakan,” ujar Herawati.

Restorative justice yang diterapkan ini merupakan kasus ketiga di tahun 2024 bagi Kejari Tabanan. Penyelesaian kasus berdasarkan keadilan restoratif ini disetujui oleh Kejaksaan Agung, setelah Kejari Tabanan mengajukannya.

Baca Juga:  Melonjak Tajam, Hari Ini Kasus Positif Covid-19 di Kota Denpasar Bertambah 211 Orang

Kasi Pidana Umum Kejari Tabanan, Ngurah Wahyu Resta, menjelaskan bahwa pembebasan Omyati sudah memenuhi semua syarat yang diatur dalam Pasal 5 Peraturan Kejaksaan RI Nomor 15 Tahun 2020 tentang Penyelesaian Perkara Berdasarkan Keadilan Restoratif, serta Pedoman Nomor 24 Tahun 2021 tentang Penanganan Tindak Pidana Umum.

“Kasus ini sudah memenuhi syarat untuk dilakukan penghentian penuntutan berdasarkan keadilan restoratif,” kata Wahyu Resta. (tia/ub)

BERITA TERKAIT
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments