Sabtu, Mei 18, 2024
BerandaBaliKetua Dekranasda Denpasar Membuka Pelatihan Industri Sandang 'Ecoprint'

Ketua Dekranasda Denpasar Membuka Pelatihan Industri Sandang ‘Ecoprint’

UPDATEBALI.comDENPASAR – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Denpasar bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) menggelar pelatihan industri teknik Ecoprint.

Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 13 hingga 17 Mei 2024 ini dibuka oleh Ny. Sagung Antari Jaya Negara, Ketua Dekranasda Denpasar, di Gedung Citta Kelangen Kampus Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar pada Senin 13 Mei 2024.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Sekretaris Daerah Kota Denpasar, IB. Alit Wiradana, yang mewakili Walikota Denpasar, dan Kadis Perindag Denpasar, Ni Nyoman Sri Utari.

Baca Juga:  Tempo Anugerahi Gubernur Koster Penghargaan Tokoh Indonesia Kategori Pariwisata Berkarakter

Sekda Kota Denpasar, IB Alit Wiradana, menyatakan bahwa Dekranasda bersama Disperindag Kota Denpasar menjadi wadah kreatif dalam meningkatkan kualitas produk kerajinan dan fashion. Pelatihan Industri Sandang Ecoprint ini diharapkan dapat meningkatkan kreativitas dalam program fashion di Kota Denpasar.

“Para peserta yang terlibat sudah memiliki pengalaman di bidangnya, dan diharapkan dapat meningkatkan keahlian dan keterampilan mereka,” ujarnya.

Ny. Sagung Antari Jaya Negara, Ketua Dekranasda Denpasar, menjelaskan bahwa Ecoprint merupakan teknik membatik menggunakan bahan alami tumbuhan, seperti daun, bunga, dan medianya melalui kain. Teknik ini banyak diminati dan dikembangkan oleh desainer fashion. Pelatihan Ecoprint ini berkolaborasi dengan Kampus ISI Denpasar dalam pembuatan Desain Ecoprint yang berkelanjutan.

Baca Juga:  Baru! Kini Layanan Lupa EFIN Bisa Lewat M-Pajak, Ini Caranya

“Selain pembuatan, juga diperlukan keahlian dalam desain, maka kami menggandeng Kampus ISI Denpasar untuk berkolaborasi. Hasil karya ecoprint yang terpilih akan dipamerkan dalam kegiatan Dekranasda Kota Denpasar,” ungkapnya.

Sementara itu, Kadis Perindag Denpasar, Ni Nyoman Sri Utari, menyampaikan bahwa pelatihan ini melibatkan Ecoprint Bali dan ISI Denpasar. Pelatihan ini melibatkan 20 pelaku usaha IKM yang bergerak di Industri Sandang dan Pemula.

Baca Juga:  Pj. Ketua TP PKK Provinsi Bali Apresiasi Kader PKK yang Sukses Gelar Posyandu Terintegrasi

Narasumber yang dilibatkan antara lain I Nyoman Dewi Pebryani sebagai Ketua Program Studi Desain Mode ISI Denpasar, dan Made Tiartini Mudarahayu dari Dosen Program Studi Desain Mode ISI Denpasar. Materi pelatihan mencakup teori hingga praktek Ecoprint dengan teknik pounding dan steaming.(per/ub)

BERITA TERKAIT
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments