Sabtu, Juli 20, 2024
BerandaBaliDiskusi Hari Pers Nasional, Wujudkan Pemilukada Berintegritas dan Berkualitas

Diskusi Hari Pers Nasional, Wujudkan Pemilukada Berintegritas dan Berkualitas

UPDATEBALI.com, DENPASAR РPeran media massa atau pers dalam mendukung pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) sangatlah penting sebagai corong informasi serta pembelajaran kepada masyarakat.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Bali, I Gusti Ngurah Wiryanata, saat membacakan sambutan Penjabat (Pj) Gubernur Bali pada kegiatan diskusi serangkaian peringatan Hari Pers Nasional yang diselenggarakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Bali di Gedung PWI Bali, Denpasar, Sabtu 29 Juni 2024.

Kegiatan yang mengusung tema “Pers Berintegritas, Pilkada Berkualitas” ini mengundang narasumber yang berkompeten dalam mendukung pelaksanaan Pemilukada, seperti Ketua KPU Provinsi Bali I Dewa Agung Gede Lidartawan, Ketua Bawaslu Provinsi Bali I Putu Agus Tirta Suguna, serta Kapolda Bali yang diwakili Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol. Jansen Avitus Panjaitan.

Baca Juga:  Pemkab Buleleng Siap Anggarkan Pendanaan Pemilukada 2024
Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik (Kominfosanti) Buleleng, Ketut Suwarmawan saat menghadiri kegiatan diskusi serangkaian peringatan Hari Pers Nasional 
Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik (Kominfosanti) Buleleng, Ketut Suwarmawan saat menghadiri kegiatan diskusi serangkaian peringatan Hari Pers Nasional. Sumber foto: Humas kominfosanti Buleleng

Kaban Wiryanata menjelaskan bahwa untuk menyukseskan Pemilukada, diperlukan peran aktif dari seluruh stakeholder dan masyarakat dengan memantapkan konsep ngerombo, bahu membahu, dan memainkan peran sesuai tugas pokok dan fungsinya masing-masing.

“Hal tersebut sangat diperlukan untuk mewujudkan Pemilukada serentak yang berkualitas dan bermartabat,” imbuhnya.

Ia juga menyoroti pelaksanaan Pemilu sebelumnya yang berjalan lancar dengan dukungan partisipasi masyarakat Bali yang sangat baik, melebihi target nasional dengan capaian 83,34%, dan penyelenggaraannya tanpa sengketa.

Baca Juga:  Komitmen Pemilu Damai dan Kondusif di Jembrana

Kaban Wiryanata menambahkan bahwa terdapat empat faktor kunci kesuksesan terselenggaranya Pemilukada, yaitu faktor penyelenggara, faktor peserta Pemilukada, faktor pemilih yang berintegritas, serta faktor stakeholder lain yang harus menjaga netralitasnya.

“Mari kita saling menjaga kerukunan dan mengedepankan nilai-nilai Pemilukada yang adil dan transparan,” tutupnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Penjabat Bupati Buleleng yang diwakili oleh Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik (Kominfosanti) Buleleng, Ketut Suwarmawan, serta perwakilan dari PWI Kabupaten Buleleng.(adv/ub)

BERITA TERKAIT
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments