Minggu, Juni 16, 2024
BerandaBaliBadungDiskopUKMP Badung Seleksi 32 UMKM Terbaik untuk Badung UMKM Week 2024

DiskopUKMP Badung Seleksi 32 UMKM Terbaik untuk Badung UMKM Week 2024

UPDATEBALI.com, BADUNG – Pemerintah Kabupaten Badung terus menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan level UMKM melalui berbagai kegiatan inovatif. Salah satu kegiatan tersebut adalah “Kurasi Badung UMKM Week” yang diselenggarakan oleh DiskopUKMP. Acara ini berlangsung di ruang Kriya Gosana, Puspem Badung, pada Senin, 3 Juni 2024.

Kegiatan kurasi produk UMKM ini merupakan persiapan untuk pameran Badung UMKM Week yang akan diadakan dari tanggal 12 hingga 18 Juni di Beachwalk Shopping Center, Kuta, Bali. Kepala Bidang UMKM dan Kewirausahaan DiskopUKMP, I Made Wirya Santosa, mengungkapkan bahwa total produk UMKM yang mengikuti kurasi berjumlah 62 pendaftar. Dari jumlah tersebut, akan dipilih sekitar 32 UMKM untuk mengisi stan pada pameran tersebut.

Produk UMKM yang dikurasi meliputi tiga kategori utama: produk fashion, produk kuliner olahan, dan produk kerajinan. Proses kurasi didasarkan pada beberapa kriteria, yaitu originalitas, inovasi, serta tampilan atau kemasan. Khusus untuk produk olahan pangan, kriteria tambahan yang digunakan adalah rasa.

Baca Juga:  Puluhan Pelaku UMKM Berkontribusi dalam Marga Festival

“Kami ingin menunjukkan bahwa Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kabupaten Badung selalu menempatkan objektivitas dalam memilih UMKM yang akan ditampilkan dalam berbagai event. Kami juga menginginkan dengan agenda seperti ini, adanya persaingan dalam kurasi UMKM kita makin kreatif dan makin inovatif sehingga mereka mampu memunculkan ide-ide baru yang dituangkan dalam produknya sehingga produknya itu semakin berkembang dan bisa diterima oleh masyarakat selaku konsumen,” ujar Wirya Santosa.

Baca Juga:  Sinkronkan Data Kemiskinan, Tim Penanggulangan Kemiskinan Adakan Rakortas
Kegiatan kurasi produk UMKM ini merupakan persiapan untuk pameran Badung UMKM Week yang akan diadakan dari tanggal 12 hingga 18 Juni di Beachwalk Shopping Center
Kegiatan kurasi produk UMKM ini merupakan persiapan untuk pameran Badung UMKM Week yang akan diadakan dari tanggal 12 hingga 18 Juni di Beachwalk Shopping Center. Sumber foto: Humas Kominfo Badung

Wirya Santosa berharap setelah proses kurasi ini, UMKM baru akan semakin tumbuh dan unggul di pasaran.

“Kami harapkan UMKM-UMKM baru semakin tumbuh, kreatif dan inovatif sehingga produk-produk UMKM Badung itu memang produk-produk unggul yang siap diterima oleh masyarakat. Kalau bisa menjadi tren dari produk-produk yang beredar di masyarakat,” imbuhnya.

Dengan kegiatan seperti “Kurasi Badung UMKM Week,” diharapkan UMKM di Kabupaten Badung dapat terus berkembang dan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap perekonomian daerah serta mampu bersaing di pasar yang lebih luas.(adv/ub)

BERITA TERKAIT
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments