Minggu, Juni 16, 2024
BerandaBaliBadungBupati Giri Prasta Hadiri HUT Pinandita Sanggraha Nusantara (PSN) Ke-25

Bupati Giri Prasta Hadiri HUT Pinandita Sanggraha Nusantara (PSN) Ke-25

UPDATEBALI.com, BADUNGBupati Badung I Nyoman Giri Prasta menghadiri perayaan HUT Pinandita Sanggraha Nusantara (PSN) Wilayah Bali ke-25 yang berlangsung di Gedung Kesenian Dharma Negara Alaya, Lumintang, Denpasar, pada Rabu, 29 Mei 2024.

Mengusung tema “Kita Wujudkan Pinandita yang Profesional, Intelektual, Moderat, dan Penuh Pengabdian,” acara ini dihadiri oleh berbagai tokoh dan pejabat penting, termasuk perwakilan Pj. Gubernur Bali, Wakil Wali Kota Denpasar I Kadek Bagus Arya Wibawa, Kepala Kantor Kementerian Agama Wilayah Bali, Ketua PHDI Bali, Ketua MDA Bali, Ketua Yayasan Dharma Pinandita cabang Bali, Ketua PSN Korda se-Bali, dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Giri Prasta menyatakan dukungannya terhadap PSN dan pentingnya peran Pinandita dalam kehidupan beragama di Bali.

Baca Juga:  Wabup Patriana Hadiri Karya Pasupati Perarem Banjar Adat Waru Mekar Dauhwaru

“Saya hadir dalam perayaan puncak HUT Pinandita Sanggraha Nusantara ke-25 untuk mendukung penuh kegiatan yadnya yang dilakukan PSN. PSN telah memberikan kontribusi besar dalam pendidikan ketakwaan kepemangkuan. Kami meyakini bahwa PSN akan terus memberikan bantuan ngayah tidak hanya di Bali, tetapi juga di luar Bali. Pemerintah akan memfasilitasi pembangunan pura dan dana pujawali di luar Bali,” ujarnya.

Giri Prasta juga menekankan pentingnya menjaga dresta Bali, tradisi dan adat istiadat Bali, sebagai bagian dari upaya memperkaya ilmu pengetahuan dan praktik keagamaan.

Baca Juga:  Bupati Giri Prasta Pimpin Rapat Koordinasi dengan Tim Bantuan Hukum

“Dengan tema yang diangkat, kita berharap umat sedharma dapat terus meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam kepemangkuan,” tambahnya.

Ketua Panitia, Anak Agung Mangku Gede Agung, dalam laporannya menyatakan bahwa usia 25 tahun merupakan pencapaian signifikan bagi PSN sebagai organisasi.

“Ulang tahun kali ini merupakan momen istimewa, dan PSN telah menunjukkan pentingnya profesionalisme dalam menjalankan tugas-tugas Pinandita yang semakin kompleks dan beragam,” ungkapnya.

Rangkaian kegiatan HUT PSN ke-25 ini mencakup berbagai acara penting, termasuk seminar kepemangkuan dengan topik “Etiskah Pemangku Ngibing” yang diikuti oleh 400 peserta dari Bali dan luar Bali secara hybrid. Selain itu, dilaksanakan pula penglukatan agung banyupinaruh dan Dharma Wacana sebagai penutup rangkaian perayaan.

Baca Juga:  Pemerintah Kabupaten Tabanan Kembali Raih WTP ke-9 Secara Beruntun

Perayaan HUT PSN ke-25 ini tidak hanya menjadi ajang refleksi dan perayaan, tetapi juga menekankan pentingnya pengabdian, intelektualitas, dan profesionalisme dalam menjalankan tugas-tugas keagamaan. Pemerintah Kabupaten Badung, melalui dukungan Bupati Giri Prasta, menunjukkan komitmennya dalam mendukung kegiatan keagamaan dan adat di Bali.(den/ub)

BERITA TERKAIT
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments