Sabtu, Juli 20, 2024
BerandaBaliWakil Bupati Bangli Resmi Buka Penglipuran Village Festival ke-XI

Wakil Bupati Bangli Resmi Buka Penglipuran Village Festival ke-XI

UPDATEBALI.comBANGLI – Festival Penglipuran Village yang ke-11 resmi dibuka oleh Wakil Bupati Bangli, I Wayan Diar, di Desa Wisata Penglipuran pada Kamis, 4 Juli 2024.

Acara yang digelar tahun ini bertujuan untuk mempromosikan kekayaan budaya dan kearifan lokal yang dimiliki oleh Desa Penglipuran, yang terkenal dengan tata kelola Desa Adat berbasis Hindu yang turun temurun.

Desa Penglipuran telah meraih berbagai penghargaan prestisius baik dari tingkat regional, nasional, hingga internasional, sebagai salah satu desa wisata terbaik di dunia. Penghargaan internasional baru-baru ini sebagai salah satu Desa Wisata Terbaik Dunia oleh UNWTO di Samarkand, Uzbekistan, menunjukkan komitmen dan keunggulan Desa Penglipuran dalam menjaga lingkungan, kebersihan, dan pelayanan wisata.

Baca Juga:  Polsek Densel Laksanakan Patroli KRYD Sasar Kantong Parkir Seputaran Jalan Danau Tamblingan

Penglipuran Village Festival XI tahun 2024 mengusung tema “Pertiwi: Endless Devotion to the Mother Earth as a Spirit of Generative Tourism”, yang menekankan penghormatan terhadap tanah sebagai sumber kehidupan dan spiritualitas dalam kegiatan pariwisata. Tema ini tidak hanya merefleksikan kehidupan sehari-hari masyarakat Penglipuran yang menjunjung tinggi nilai adat, budaya, dan kearifan lokal melalui konsep “Tri Hita Karana”, tetapi juga mengajak wisatawan untuk berpartisipasi aktif dalam konservasi lingkungan.

Baca Juga:  Bupati Bangli Membuka Young Koi Show And Exhibition di Alun-Alun Bangli

Acara pembukaan festival ini dihadiri oleh berbagai tokoh penting, termasuk Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Pj. Gubernur Bali, serta kepala dinas dan perwakilan dari berbagai instansi terkait pariwisata dan kebudayaan. Hadir pula komunitas masyarakat, pelaku usaha, akademisi, dan media yang turut berkontribusi dalam suksesnya acara tahunan ini.

Wakil Bupati Bangli, Wayan Diar dalam sambutannya menyatakan harapannya bahwa Penglipuran Village Festival XI dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Bangli, khususnya ke Desa Penglipuran, melalui peningkatan kualitas acara dan pengembangan berbagai atraksi budaya.

Baca Juga:  Wali Kota Denpasar Apresiasi Keterlibatan AMSI Bali dalam DTIK Festival 2024

“Kami berharap festival ini dapat memberikan dampak positif bagi ekonomi lokal dan memperkuat posisi Penglipuran sebagai destinasi wisata unggulan di Bali,” ujarnya.

Penglipuran Village Festival XI akan berlangsung selama beberapa hari dengan rangkaian kegiatan menarik seperti pertunjukan seni dan budaya, workshop kerajinan tangan, serta pameran produk lokal. Acara ini juga diharapkan dapat mempengaruhi tingkat kunjungan wisatawan dan meningkatkan perekonomian masyarakat setempat melalui peningkatan pariwisata berkelanjutan.(yud/ub)

BERITA TERKAIT
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments