Minggu, Juni 16, 2024
BerandaBaliBadungUndang Professor dari Rostock University Jerman, FKP Unud Adakan Guest Lecture

Undang Professor dari Rostock University Jerman, FKP Unud Adakan Guest Lecture

UPDATEBALI.com, BADUNG – Kuliah tamu atau Guest Lecture merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Fakultas Kelautan dan Perikanan (FKP) yang bertujuan untuk menambah ilmu pengetahuan dosen dan mahasiswa FKP.

Guest Lecture yang dilaksanakan dalam rangka Dies Natalis Universitas Udayana yang ke-61 menghadirkan narasumber Prof. Harry W. Palm yang merupakan Professor Aquaculture and Sea-ranching dari Faculty of Agricultural and Environmental Sciences (AUF), Rostock University. Narasumber juga merupakan anggota International Advisory Board (IAB) Universitas Udayana. Judul kegiatan tersebut adalah “Fish Health in Aquaculture (This Includes All From Bacteria to Parasites)”.

Guest Lecture yang bertempat di Ruang 4.5 Gedung Senat Fakultas Kelautan dan Perikanan dihadiri tidak kurang dari 100 orang, yang terdiri dari mahasiswa dan dosen Fakultas Kelautan dan Perikanan, Fakultas MIPA, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana, serta mengundang dari universitas lain, yaitu Program Studi Biologi, Fakultas Teknologi Informasi dan Sains, Universitas Hindu Indonesia. Peserta selain mahasiswa dan dosen berasal dari staf Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Denpasar serta Balai Produksi Induk Udang Unggul dan Kekerangan (BPIU2K) Karangasem.

Baca Juga:  Dukung UMKM, Pj Bupati Lihadnyana Bahas Perlindungan Hukum Produk Lokal Buleleng

Kegiatan tersebut berlangsung sekitar 2 jam, yang dibuka oleh sambutan Dekan Fakultas Kelautan dan Perikanan, Prof. Dr. Ir. I Wayan Nuarsa, M.Si, dilanjutkan dengan pemaparan materi dan diskusi.

Materi Guest Lecture membahas antar lain tentang penyakit pada komoditas perikanan yang disebabkan oleh infeksi bakteri, protozoa dan parasit. Dalam budidaya perikanan, harus memperhatikan kualitas air, bakteri dan parasit. Perbaikan kualitas kualitas air harus mempertimbangakan keberadaan parasit, karena parasit tertentu (Trichodinid) memakan bakteri yang terdapat pada permukaan kulit ikan. Ikan yang akan dipindahkan ke tempat lain harus melalui karantina untuk menghindari penyebaran penyakit ikan. Peserta terlihat antusias dengan banyaknya pertanyaan yang terkait dengan kesehatan ikan (Fish Health).

Baca Juga:  FKP Unud Gelar Neptune’s 2023

Guest Lecture ditutup dengan penyerahan sertifikat pemateri oleh Dekan FKP, foto bersama, dilanjutkan dengan makan siang yang sudah disiapkan oleh panitia seminar.

FKP Unud sebagai penyelenggara Pendidikan tinggi di bidang kelautan dan perikanan akan berusaha secara periodeik untuk menghadirkan professor dari universitas ternama baik dari dalam dan luar negeri untuk membangun budaya Pendidikan yang semakin modern dan terbaru. (ub/unud.ac.id)

BERITA TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments