Minggu, Juni 16, 2024
BerandaBaliTanam Mangrove, Pj Gubernur Mahendra Jaya Apresiasi Kepedulian Masyarakat Terhadap Lingkungan

Tanam Mangrove, Pj Gubernur Mahendra Jaya Apresiasi Kepedulian Masyarakat Terhadap Lingkungan

UPDATEBALI.com, DENPASARPenjabat (Pj) Gubernur Bali S. M. Mahendra Jaya mengapresiasi kepedulian masyarakat terhadap lingkungan dalam acara penanaman mangrove yang berlangsung pada Jumat pagi, 31 Mei 2024, di Mangrove Arboretum Park, Pedungan, Denpasar.

Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024 yang jatuh pada 5 Juni.

Acara penanaman mangrove ini melibatkan berbagai pihak, termasuk Sekretaris Daerah Provinsi Bali Dewa Made Indra, Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi Bali, komunitas Sahabat Mangrove Ranger, Green Ambassador, pegiat lingkungan, pelajar, serta awak media. Sebanyak 500 pohon mangrove jenis Rhizophora Stylosa ditanam dalam kegiatan tersebut.

Baca Juga:  Selamatkan Lebah untuk Menyelamatkan Manusia

Pj. Gubernur Mahendra Jaya menyampaikan rasa terima kasihnya atas partisipasi dan kepedulian masyarakat terhadap pelestarian lingkungan. Dalam sambutannya, Mahendra Jaya menekankan pentingnya tanggung jawab bersama dalam menjaga alam.

“Saya sangat senang hari ini berada di tengah bapak/ibu, adik-adik yang memiliki kepedulian terhadap lingkungan. Tidak mudah bagi kita untuk menanam mangrove, penuh perjuangan. Dengan ikhlas dan rela datang pagi-pagi untuk menanam mangrove. Kalau tidak punya niat ikhlas dan semangat maka tidak mungkin bisa. Terima kasih atas sumbangsih kita semua untuk berjuang merawat bumi,” ungkapnya.

Baca Juga:  Sagung Antari Jaya Negara Dukung PPLH, Memproduksi Kantin Pangan yang Sehat

Sementara itu, Nyoman Sweet Juniartini dari Sahabat Mangrove Ranger menjelaskan bahwa Mangrove Arboretum Park seluas kurang lebih 12 hektar mengalami kerusakan yang cukup signifikan. Oleh karena itu, Sahabat Mangrove Ranger diminta untuk melakukan rehabilitasi.

“Di sini kita sudah menanam hampir 400 ribu mangrove dengan 19 jenis mangrove sejati. Kedepan kita akan mapping lagi penanaman sampai ke wilayah Serangan karena di sana masih ada potensi untuk kita tanami mangrove. Kita ingin lingkungan bisa lebih baik lagi,” terangnya.

Baca Juga:  Kepgub Dicabut, Tugas Satgas Covid-19 Provinsi Bali Resmi Berakhir

Kegiatan penanaman mangrove ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi kelestarian lingkungan dan mendorong masyarakat untuk terus aktif dalam menjaga ekosistem alam.(yud/gb)

BERITA TERKAIT
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments