Kamis, Februari 29, 2024
BerandaBaliRehabilitasi Anjungan Cerdas Rambut Siwi (ACR) Dimulai, Bupati Tinjau Langsung

Rehabilitasi Anjungan Cerdas Rambut Siwi (ACR) Dimulai, Bupati Tinjau Langsung

UPDATEBALI.com, JEMBRANA – Proses rehabilitasi Anjungan Cerdas Rambut Siwi (ACR) yang terletak di Kecamatan Mendoyo telah dimulai. Langkah ini dilakukan tidak hanya untuk memperbaiki kondisi infrastruktur yang sudah ada tetapi juga untuk melakukan inventarisasi dan evaluasi terhadap seluruh bangunan yang sudah terbangun. Tujuannya adalah agar ACR dapat memberikan manfaat maksimal sesuai dengan fungsinya dan menjadi aset berharga bagi pemerintah daerah Kabupaten Jembrana.

Bupati Jembrana, I Nengah Tamba, beserta jajarannya turut meninjau langsung pelaksanaan rehabilitasi pada Kamis (16/11/2023). Fokus utama rehabilitasi ini adalah perbaikan pada lima bangunan utama, termasuk perbaikan signage anjungan cerdas, gapura, dancing water, pekerjaan mix-use water, dan bangunan amphiteater.

Bupati Tamba menyatakan bahwa melalui rehabilitasi ini, ACR diharapkan dapat kembali berfungsi secara optimal. Salah satu tujuannya adalah menjadikan ACR sebagai tempat istirahat dengan berbagai fasilitas, yang dapat membantu mengurangi angka kecelakaan di jalan nasional Denpasar – Gilimanuk.

Baca Juga:  Kuliner Tradisional Buleleng Menggugah Lidah Wisman di Lovfest 2023

“Saya prihatin melihat kondisi bangunan ini. Sejak awal menjadi Bupati, kita bercita-cita untuk menjadikan aset ini milik Kabupaten Jembrana. Namun, pemberdayaan harus menjadi pertimbangan utama agar aset ini tidak hanya menjadi beban biaya perawatan, maintenance, dan pengelolaan,” ujarnya.

Setelah selesai direhabilitasi, Bupati Tamba berencana mencari pihak ketiga untuk mengelola ACR. Langkah ini diambil untuk memastikan pengelolaan yang lebih profesional dan memberikan manfaat yang jelas bagi Kabupaten Jembrana.

Baca Juga:  Antrean Panjang Terjadi di Pelabuhan Gilimanuk

“Kita akan mencarikan partner pihak ketiga untuk mengelola ini. Sudah ada pihak ketiga yang bersedia masuk. Tempat ini luar biasa, tapi kita masih menunggu Jembrana Emas 2026. Kita harus bersabar sedikit,” katanya.

Bupati Tamba juga menegaskan komitmennya dalam memperjuangkan anggaran untuk pembuatan lintasan road race. Hal ini diperlukan mengingat Kabupaten Jembrana memiliki peran penting sebagai salah satu barometer otomotif di Bali.

“Selain sebagai barometer otomotif, banyak anak muda yang sudah mau berkontribusi di sini. Pelan-pelan, kita bisa mencapainya,” ungkapnya.

Bupati berharap bahwa melalui rehabilitasi ACR, dapat memberikan kontribusi positif untuk kesejahteraan masyarakat Jembrana.

Baca Juga:  Bupati Tamba Buka Pameran Bonsai

“Ada income yang kita dapatkan dari sini, selain fungsi awalnya sebagai daerah transit dan terminal, mestinya ada UMKM yang hidup di sini dan bisa berkarya di sini,” tambahnya.

Sementara itu, Ni Made Dwi Sulistia Budhiari, Kepala Sub Bagian Umum dan Tata Usaha, menjelaskan bahwa Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Bali melakukan perbaikan pada beberapa lokasi ACR. 

“Ini adalah konstruksi yang dibangun oleh Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) Kementerian PUPR. Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Bali hanya melakukan perbaikan seperti gapura, bangunan utama anjungan cerdas, dan panggung teater,” tandasnya. (yud/ub)

BERITA TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments