Minggu, Juni 16, 2024
BerandaBaliPj Bupati Buleleng Sampaikan Pentingnya Kolaborasi Pers dan Pemerintah Daerah

Pj Bupati Buleleng Sampaikan Pentingnya Kolaborasi Pers dan Pemerintah Daerah

UPDATEBALI.com, BULELENG – Dalam upaya menyelenggarakan pembangunan yang efektif dan inklusif, sinergi antara pemerintah dan media pers menjadi kunci utama. Hal ini diungkapkan oleh Penjabat (Pj) Bupati Buleleng, Ketut Lihadnyana, yang menyoroti peran penting media dalam mendukung program-program pemerintah.

“Pers merupakan instrumen yang sangat penting dalam menyukseskan program pemerintahan. Keberadaannya tidak hanya sebagai penyampai informasi, tetapi juga sebagai penghubung antara pemerintah dan masyarakat dalam menyuarakan saran serta masukan terhadap kebijakan,” ujar Pj Bupati Lihadnyana di rumah jabatannya, pada Senin, 3 Juni 2024.

Menurutnya, selama hampir dua tahun menjabat sebagai penjabat kepala daerah, kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Buleleng dan pers telah terjalin dengan baik. Namun, ia menegaskan perlunya dorongan kerjasama yang lebih kuat ke depannya.

Baca Juga:  Pj Gubernur Bali Terima Kunjungan Panglima Koarmada II

“Lewat pers, apa yang dilakukan pemerintah daerah sampai ke masyarakat. Kerjasama yang benar-benar menginformasikan berita aktual, terpercaya, adil, dan apa adanya akan kita dorong,” tambahnya.

Lebih lanjut, Pj Bupati Lihadnyana menyoroti peran pers sebagai instrumen otokritik yang dibutuhkan pemerintah daerah. Sebagai pengingat apakah kebijakan yang telah dibuat sudah sesuai dengan kebutuhan masyarakat, pers menjadi nafas dan jiwa pemerintah daerah.

Baca Juga:  Gempa Bumi Magnitudo 5,1 Guncang Kuta Selatan

“Program-program dibuat pemerintah untuk menutup kesenjangan yang ada di masyarakat. Oleh karena itu, peran pers sangat penting dalam memastikan kebijakan pemerintah benar-benar berdampak positif bagi masyarakat,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Pj Bupati Lihadnyana juga memaparkan upaya-upaya yang telah dilakukan sejak menjabat sebagai Penjabat Kepala Daerah. Mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan meningkatkan pelayanan publik menjadi prioritas utama, selain mendukung program-program nasional seperti penanganan inflasi, pengentasan kemiskinan ekstrem, penanggulangan stunting, dan pembangunan infrastruktur.

Baca Juga:  Terbaik Sebali-Nusra, Pemkab Buleleng Raih Penghargaan Digitalisasi Arsip Kepegawaian

“Dalam evaluasi setiap tiga bulan, kita telah mencatat progres yang signifikan. Pendapatan Asli Daerah (PAD) berhasil meningkat hingga mendekati 500 miliar, angka kemiskinan ekstrem berhasil ditekan, dan angka stunting telah menurun secara signifikan. Ini semua tidak lepas dari dukungan sinergis antara pemerintah dan pers,” papar Pj Bupati Lihadnyana.

Dengan komitmen kuat untuk terus meningkatkan kerjasama dengan pers serta fokus pada pembangunan yang berkelanjutan, Buleleng menegaskan komitmennya untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakatnya. (adv/ub)

BERITA TERKAIT
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments