Minggu, Juni 16, 2024
BerandaBaliPemkab Buleleng Dorong Digitalisasi Ekonomi Melalui Program Smart City

Pemkab Buleleng Dorong Digitalisasi Ekonomi Melalui Program Smart City

UPDATEBALI.com, BULELENGPemerintah Kabupaten Buleleng terus menggalakkan pembangunan Smart City di Kota Singaraja dengan fokus utama pada dimensi Smart Economy. Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah (DagperinkopUKM) Kabupaten Buleleng menjadi ujung tombak dalam mendorong digitalisasi ekonomi bagi masyarakat Buleleng.

Dalam pernyataannya pada Jumat 17 Mei 2024, Kepala Dinas DagperinkopUKM, Dewa Made Sudiarta, mengungkapkan bahwa pihaknya telah menggelar serangkaian acara untuk mendorong pengembangan produk unggulan UMKM. Lebih dari 60 ribu UMKM di Buleleng diundang untuk berpartisipasi dalam berbagai kegiatan, termasuk expo yang diselenggarakan untuk memamerkan produk-produk mereka.

Selain expo, DagperinkopUKM juga menyelenggarakan pelatihan dan lomba pengembangan kewirausahaan, terutama di sektor kuliner seperti pastry dan bakery. Dukungan digitalisasi yang diberikan kepada UMKM mencakup pelatihan desain logo, manajemen media sosial, dan pemasaran online. Hasilnya, sejumlah UMKM mulai mengalami peningkatan permintaan dari pembeli melalui platform media sosial.

Baca Juga:  Inflasi Stabil, Harga Kebutuhan Pokok Tetap Terjangkau di Buleleng

Upaya ini mendapat dukungan dari berbagai pihak, termasuk Forum UKM Naik Kelas di Buleleng, perbankan, dan stakeholder lainnya. Kerjasama juga dijalin dengan berbagai perguruan tinggi melalui program Ganesha Digital Entrepreneur, yang melibatkan mahasiswa magang dalam berbagi pengetahuan dan pengalaman kepada pelaku UMKM.

Sudiarta menambahkan bahwa Program Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) dapat menjadi pusat bagi seluruh pemangku kepentingan ekonomi lokal Buleleng. Komunitas seperti Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) juga berperan aktif dalam program ini.

Baca Juga:  Sambut Rahina Tumpek Krulut, Sekda Buleleng Serahkan Bantuan Sosial kepada Lansia

Ke depannya, Sudiarta berencana untuk menyediakan sejumlah kedai di PLUT sebagai tempat diskusi dan pertukaran ilmu bisnis bagi pelaku UMKM. Langkah ini diharapkan dapat memperkuat jaringan kerjasama antar UMKM di Kabupaten Buleleng dan menumbuhkan ekosistem bisnis yang lebih kuat untuk meningkatkan kemajuan ekonomi di Buleleng.

Melalui berbagai inisiatif ini, Pemerintah Kabupaten Buleleng menunjukkan komitmennya untuk terus mendorong digitalisasi ekonomi dan memajukan kesejahteraan masyarakat melalui inovasi dan kerjasama yang sinergis. (adv/ub)

BERITA TERKAIT
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments