Sabtu, Juli 20, 2024
BerandaBaliPemkab Buleleng dan Kominfo Gelar Bimtek 'Meracik Berita ala Infopublik'

Pemkab Buleleng dan Kominfo Gelar Bimtek ‘Meracik Berita ala Infopublik’

UPDATEBALI.com, BULELENG – Pengelolaan informasi dan kehumasan sebuah lembaga terus mengalami peningkatan kapasitas agar dapat menghasilkan produk jurnalistik yang semakin berkualitas. Upaya ini tidak hanya berfokus pada kecepatan informasi tetapi juga menekankan pentingnya standar dan kualifikasi dalam setiap produk jurnalistik yang dihasilkan.

Asisten Administrasi Umum Gede Sugiartha Widiada, mewakili Penjabat (Pj) Bupati Buleleng, menyampaikan apresiasi Pemerintah Kabupaten Buleleng kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melalui Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik.

Kerjasama ini diwujudkan melalui penyelenggaraan bimbingan teknis (Bimtek) bertajuk “Jadi Pintar Bersama Kominfo Newsroom” dengan tema “Meracik Berita ala Infopublik” di Gedung Laksmi Graha Buleleng, Kamis 11 Juli 2024.

Asisten Sugiartha Widiada menambahkan, Bimtek ini diharapkan mampu meningkatkan kemampuan para pengelola informasi dalam meracik berita dengan standar dan kualifikasi yang baik. Penyelenggaraan kegiatan ini merupakan bagian dari upaya strategis dalam membangun kepercayaan publik melalui penyampaian informasi yang benar dan bertanggung jawab.

Baca Juga:  Sekda Dewa Indra Harap Perilaku Tidak Korup Jadi Budaya di Lingkungan Pemprov Bali

Pelatihan ini diharapkan mampu membantu peserta memahami dan mengimplementasikan teknik jurnalistik yang baik, serta menghadirkan berita yang informatif, edukatif, dan menarik bagi masyarakat. Bimtek ini juga menjadi wadah bagi para pengelola informasi untuk berdiskusi, berbagi pengalaman, dan meningkatkan profesionalisme di bidang kehumasan.

Sementara itu, Direktur Pengelolaan Media, Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Nursodik Gunarjo, menjelaskan mengenai program “Jadi Pintar Bersama Kominfo Newsroom” atau JARKOM. Program ini merupakan inisiatif reguler yang dijalankan oleh Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, bekerja sama dengan media center yang dikelola oleh Dinas Kominfo di seluruh Indonesia.

“JARKOM dilaksanakan secara periodik, tidak di semua lokasi, tetapi berdasarkan keaktifan masing-masing media center yang dikelola Dinas Kominfo. Kita kerjasamakan terlebih dahulu dengan media center yang paling aktif dan berturutan ke bawah sesuai dengan rankingnya,” ujar Nursodik Gunarjo saat ditemui di sela-sela kegiatan.

Baca Juga:  Wabup Suiasa Lepas Peserta Raimuna Nasional XII Tahun 2023

JARKOM ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pengelola media center di daerah dalam menyampaikan informasi dengan format standar dan kualitas yang baik.

Nursodik menjelaskan tiga tujuan utama dari penyelenggaraan Bimtek ini adalah: pertama, Scaling untuk membentuk kemampuan dasar bagi pengelola media center yang belum memiliki pengetahuan tentang cara menulis berita yang baik; kedua, Upscaling untuk meningkatkan kualitas penulisan berita bagi mereka yang sudah memiliki pengetahuan dasar; dan ketiga, Reskilling untuk mengasah kembali kemampuan yang sudah dimiliki tetapi mungkin terlupakan karena jarang digunakan.

“Intinya, program ini kita laksanakan untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia dalam mengelola, mengumpulkan, dan menyebarluaskan informasi,” pungkas Nursodik.

Kepala Diskominfosanti Buleleng, Ketut Suwarmawan
Kepala Diskominfosanti Buleleng, Ketut Suwarmawan. Sumber foto: Humas Kominfosanti Buleleng

Kepala Diskominfosanti Buleleng, Ketut Suwarmawan, menyampaikan bahwa Kategori In-House Magazine menjadi pertimbangan dari Kementerian untuk melenggarakan kegiatan tersebut di Kabupaten Buleleng. Keaktifan Kabupaten Buleleng dalam memuat berita di Kementerian Kominfo juga menjadi faktor penentu.

Baca Juga:  Kemkominfo Lakukan Koordinasi Antarlembaga untuk Awasi Transaksi NFT

“Ini merupakan suatu kehormatan bagi kami dimana kami menjadi titik pilihan bagi Kementerian Kominfo dan mendapatkan kepercayaan karena sebelumnya kami telah mendapatkan penghargaan anugerah media humas. Jadi kami tegaskan, kami dua kali berturut-turut mendapatkan penghargaan anugerah media humas in-house magazine,” tegasnya.

Suwarmawan berharap ke depannya dapat terus meningkatkan kapasitas SDM di pemerintahan, termasuk mengajak perangkat daerah yang ada di Kabupaten Buleleng. Untuk jangka panjang, pihaknya berkeinginan agar teman-teman di desa dan kelurahan juga dapat memberikan kontribusi terhadap informasi-informasi di desanya.

“Kami sudah evaluasi beberapa kali. Saya berharap program ini tidak terhenti sampai di sini. Ketika Kementerian memberikan program ini kepada kita di SKPD, kami akan turunkan ke desa-desa,” tutup mantan Kabag Prokom Buleleng itu.(adv/ub)

BERITA TERKAIT
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments