Sabtu, April 13, 2024
BerandaBaliPasar Intaran Majukan Ekonomi Kreatif dan UMKM Bali Utara

Pasar Intaran Majukan Ekonomi Kreatif dan UMKM Bali Utara

UPDATEBALI.comBULELENG – Pasar Intaran, sebuah ruang etalase yang memajang produk-produk UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) dan ekonomi kreatif dari Bali Utara, bertempat di Desa Bengkala, Kecamatan Kubutambahan, pada hari Minggu 25 Februari 2024.

Pasar ini menawarkan berbagai macam olahan dari kerajinan tangan hingga makanan yang jarang dijumpai. Produk makanan di pasar intaran ini sudah melalui proses kurasi sehingga aman untuk dikonsumsi sekaligus menjaga kualitas produk, ditambah juga berbagai produk kerajinan tangan seperti, aksesoris keranjang botol, kain tenun, arak rempah dan masih banyak produk lainnya.

Sebelum memasuki area pasar, konsumen diwajibkan terlebih dahulu menukar uangnya dengan koin Intaran yang terbuat dari kayu, berwarna coklat, dan berbentuk persegi. Koin Intaran ini disebut (NIM) adalah mata uang yang digunakan untuk bertransaksi di dalam pasar ini.

Baca Juga:  Pemkab Jembrana Gelar Konsultasi Publik Rancangan Awal RPJPD 2025-2045

I Gede Kresna, penggagas rumah Intaran, menyampaikan bahwa maksud dan tujuan dari terselenggaranya acara ini adalah sebagai sarana bagi para UMKM di Buleleng untuk berkolaborasi dengan stakeholder terkait. Pasar ini diharapkan dapat memfasilitasi dan memberikan ruang kepada anak-anak muda melalui pasar Intaran sebagai pasar bersama, serta sebagai pusat untuk menuangkan ide-ide ataupun pertukaran ilmu bisnis bagi pelaku UMKM.

Baca Juga:  Biak Fasilitasi Pendaftaran Merek Dagang Pelaku UMKM

“Pasar Intaran tidak hanya menarik wisatawan lokal, tetapi juga turis mancanegara,” ungkapnya.

Kresna Kmenyebutkan kehadiran pasar ini diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif di Bali Utara dan memberikan peluang bagi para UMKM untuk memasarkan produk mereka secara lebih luas.(adv/ub)

BERITA TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments