Sabtu, Juli 20, 2024
BerandaBaliBadungKemenkominfo dan Dinas Pendidikan Bali Gelar Webinar Literasi Digital untuk Pelajar Badung

Kemenkominfo dan Dinas Pendidikan Bali Gelar Webinar Literasi Digital untuk Pelajar Badung

UPDATEBALI.comBADUNGKementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI bekerja sama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bali akan menggelar webinar literasi digital yang menyasar segmen pendidikan di Kabupaten Badung, Provinsi Bali, pada Rabu 12 Juni 2024 pagi pukul 09.00 WITA.

Webinar dengan tema “Bikin Tugas Jadi Mudah Bila Cakap Digital” ini akan diikuti oleh siswa dan guru di berbagai sekolah melalui kegiatan nonton bareng (nobar).

Webinar tersebut akan menghadirkan tiga narasumber utama: I Gede Joniarta, Pengawas Sekolah Ahli Madya Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kab. Badung; Raka Maukar, musisi dan pelaku industri event; dan aktor Krisna Mukti, dengan Joan Permana sebagai moderator. Diskusi virtual ini akan dibuka dengan keynote speech dari Menteri Kominfo, Budi Arie Setiadi.

Baca Juga:  Sekda Adi Arnawa Mendem Pedagingan di Pura Dauh Pasar Binong Werdi Bhuwana Mengwi

“Webinar gratis ini dapat diikuti dengan mengisi link registrasi peserta di (https://s.id/PendaftaranBalinustra120624). Peserta akan mendapatkan e-sertifikat resmi dari Kemkominfo dan tersedia voucher e-wallet senilai Rp 1.000.000 untuk 10 peserta yang mengajukan pertanyaan terbaik selama webinar,” tulis Kemenkominfo dalam rilis kepada awak media pada Selasa 11 Juni 2024.

Kemenkominfo menjelaskan bahwa teknologi internet mampu menghubungkan berbagai media elektronik, dan penggunaannya dalam dunia pendidikan telah berkembang pesat. Internet kini banyak digunakan oleh siswa, mahasiswa, sekolah, dan universitas sebagai salah satu sumber informasi dan alat pembelajaran, termasuk dalam pembuatan tugas-tugas sekolah.

“Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kompetensi literasi digital dalam dunia pendidikan, memperkenalkan dan mengajarkan dasar-dasar pemanfaatan internet secara efektif dalam proses belajar mengajar,” jelas Kemenkominfo .

Baca Juga:  UPPM FK Unud Tingkatkan Ilmu Desain dan Teknik Operasional Uji Klinis

Melalui webinar ini, siswa diharapkan memahami pentingnya literasi digital dan dapat memanfaatkan teknologi digital secara kreatif. Beberapa sekolah yang akan mengikuti kegiatan nobar meliputi SMPN 1, SMPN 3, SMPN 4, SMPN 5, SMPN 6 Mengwi, SMPN 1, SMPN 2, SMPN 3, SMPN 4, SMPN 5 Abiansemal, SMPN 1, SMPN 2 Kuta, SMPN 1 Petang, SMPK 2 Harapan, dan SMPN 1 Kuta Selatan.

Webinar ini merupakan bagian dari program Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) yang diinisiasi oleh Kemenkominfo sebagai upaya mempercepat transformasi digital di sektor pendidikan dan masyarakat luas, menuju Indonesia yang #MakinCakapDigital. Sejak dimulai pada 2017, program ini telah diikuti oleh 24,6 juta orang hingga akhir 2023.

Baca Juga:  Bupati Tabanan Pasang Lambang Burung Garuda Pancasila di Gedung Kesenian I Ketut Maria Tabanan

“Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan tingkat literasi digital hingga mencapai 50 juta masyarakat Indonesia pada akhir 2024,” tambah Kemenkominfo .

Menurut survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), pengguna internet di Indonesia pada 2024 diperkirakan mencapai 221,5 juta jiwa dari total populasi 278,7 juta jiwa. Tingkat penetrasi internet di Indonesia pada 2024 mencapai 79,5 persen, naik dari 78,19 persen pada 2023.

Informasi lebih lanjut mengenai literasi digital dan kegiatan terkait dapat diakses melalui website (http://info.literasidigital.id), Instagram @literasidigitalkominfo, Facebook Page, dan Kanal YouTube Literasi Digital Kominfo.(yud/ub)

BERITA TERKAIT
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments