Kamis, Februari 29, 2024
BerandaBaliCegah Abrasi dan Serap Emisi Karbon, SERA Tanam 1000 Bibit Mangrove

Cegah Abrasi dan Serap Emisi Karbon, SERA Tanam 1000 Bibit Mangrove

UPDATEBALI.com, DENPASAR – Serangkaian upaya untuk menjaga lingkungan dan mengurangi dampak perubahan iklim terus dilakukan oleh PT Serasi Autoraya (SERA) melalui program #MenanamKebaikan.

Sebagai langkah nyata, SERA telah menanam 1000 bibit mangrove, di Mangrove Arboretum Park Denpasar, Bali, bekerjasama dengan Sahabat Mangrove Ranger pada Jumat 08 Desember 2023.

1000 mangrove tersebut ditanam dalam 7 guludan yang akan dimonitor sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Mangrove Arboretum Park Denpasar dipilih sebagai lokasi penanaman mangrove karena keberadaannya yang strategis dalam mencegah abrasi serta menjadi pusat pendidikan mengenai mangrove di wilayah tersebut.

Baca Juga:  Bupati Tamba Dukung Pembangunan Krematorium di Jembrana

Mangrove memiliki peran penting dalam menjaga keberlanjutan ekosistem pesisir dengan akarnya yang kuat yang mampu meredam gelombang laut dan mengurangi erosi pantai. Selain itu, Mangrove juga berperan untuk menyerap emisi karbon serta tempat hidup berbagai jenis berbagai macam biota laut dan mahluk hidup lainnya.

Program penanaman mangrove tersebut melibatkan berbagai pihak seperti Kwartir Daerah Gerakan Pramuka BALI, SAR Provinsi Bali, Satbinmas Polres Tabanan, Saka Bhayangkara, Saka SAR, Saka POM, Pramuka Luar Biasa dan Pramuka Peduli, dalam aksi nyata meminimalisiri dampak perubahan iklim.

Baca Juga:  Puan: Perlu Komitmen Bersama dalam Mengatasi Perubahan Iklim

Happy Putro Wibowo Selaku Division Head CGASRHSSE PT. Serasi Autoraya, menyatakan, penanaman 1000 mangrove tersebut merupakan implementasi komitmen SERA dalam hal tanggung jawab sosial perusahaan untuk melestarikan lingkungan. SERA juga telah menanam 2500 mangrove di Pantai Pengklik – Jogja pada bulan Agustus 2023.

Melanjutkan penanaman 2600 mangrove di Tahun 2022, dan akan terus bertambah setiap tahun. Kami mengajak semua pihak untuk bersama berkontribusi #Menanam Kebaikan untuk lingkungan dan masa depan yang lebih baik.

“Penanaman mangrove ini bukan hanya memberikan manfaat bagi lingkungan, tetapi juga memberikan dampak positif bagi komunitas setempat. Program ini melibatkan partisipasi aktif dari warga sekitar, menjadi bagian integral dari upaya perlindungan lingkungan,” ungkap Wibowo.

Baca Juga:  Terdampak Abrasi, Genah  Pemelastian Kecamatan Melaya Direncenakan Berpindah

SERA mengajak semua pihak untuk bersama-sama mendukung dan terlibat dalam gerakan #MenanamKebaikan. Melalui kolaborasi dan tindakan nyata, kita dapat menjaga keberlanjutan lingkungan dan mewariskan bumi yang lebih baik kepada generasi mendatang.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Kwarda Bali dan Ketua BPBD Provinsi Bali Dr. Drs. I Made Rentin, AP., M.Si., Kepala Kantor SAR Denpasar I Nyoman Sidakarya dan Kasat Binmas Polres Tabanan AKP I Nengah Widia S.H.,M.H.(ub)

BERITA TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments