Minggu, Juni 16, 2024
BerandaTeknologiAplikasiBupati Tamba Dorong Kreativitas Siswa dengan Meluncurkan Aplikasi PIJAR

Bupati Tamba Dorong Kreativitas Siswa dengan Meluncurkan Aplikasi PIJAR

UPDATEBALI.com, JEMBRANA – Langkah menuju pembelajaran yang lebih maju dan inovatif terus didorong di Kabupaten Jembrana dengan diluncurkannya aplikasi PIJAR oleh Bupati I Nengah Tamba pada 8 Mei 2024.

Aplikasi ini tidak hanya memudahkan digitalisasi pembelajaran di sekolah, tetapi juga menghadirkan era baru dalam pelaksanaan ujian sekolah di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), menggantikan penggunaan kertas dengan dokumen digital.

“Saat ini, kita tidak bisa lagi bergantung pada cara-cara konvensional. Kreativitas dan inovasi, terutama dalam bidang IT, adalah kunci untuk masa depan pembelajaran,” ungkap Bupati Tamba saat peluncuran aplikasi PIJAR di GOR Kresna Jvara.

Baca Juga:  Masterplan Pengembangan Kawasan Pelabuhan Gilimanuk Ditata Ulang Menuju Konsep Green Port

Dalam acara yang juga menampilkan pameran hasil belajar siswa, Bupati Tamba menekankan pentingnya menggali potensi, bakat, dan minat siswa serta memberikan ruang bagi mereka untuk mengembangkan diri secara positif. Ia memberikan apresiasi kepada para guru yang telah mengimplementasikan proses pembelajaran yang luar biasa, sekaligus menciptakan ruang-ruang kreatif untuk siswa di Jembrana.

“Inovasi dan kreativitas yang ditunjukkan oleh siswa-siswa kita sungguh luar biasa. Ini mencerminkan tata kelola dan tata belajar yang positif di sekolah-sekolah kami,” tambahnya.

Baca Juga:  Pemkab Tabanan Gelar Bimtek Penyusunan Masterplan Smart City dan Quick Win Program  

Bupati Tamba juga mengungkapkan rencananya untuk menggabungkan hasil karya siswa dalam perayaan HUT Kota Negara ke dalam Festival Jembrana Bahagia. Ini menjadi wadah bagi siswa untuk menampilkan karya-karya mereka bersama-sama dengan UMKM lokal dalam satu festival yang meriah.

Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga Jembrana, I Gusti Putu Anom Saputra, menjelaskan bahwa kegiatan ini melibatkan seluruh jenjang pendidikan dari PAUD hingga SMA/SMK. Selain pameran hasil belajar siswa, juga dilakukan peluncuran aplikasi PIJAR sebagai langkah penting dalam digitalisasi pembelajaran di wilayah tersebut.

Baca Juga:  Bupati Jembrana Tempuh Jalur Sekala dan Niskala, Berharap Pandemi Segera Berakhir

“PIJAR sekolah adalah aplikasi yang akan memudahkan digitalisasi pembelajaran di sekolah. Ini adalah langkah maju menuju pembelajaran yang lebih modern dan efektif,” jelasnya.

Dengan langkah-langkah ini, Kabupaten Jembrana terus berkomitmen untuk memberikan pendidikan yang berkualitas dan menghadirkan peluang-peluang baru bagi siswa untuk berkembang secara optimal dalam era digital.(yud/ub)

BERITA TERKAIT
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments