Kamis, Februari 29, 2024
BerandaBaliBadungWabup Suiasa Hadiri Karya Padudusan Agung Pura Merajapati Tegal Gerana Sangeh

Wabup Suiasa Hadiri Karya Padudusan Agung Pura Merajapati Tegal Gerana Sangeh

UPDATEBALI.com, BADUNGWakil Bupati Badung I Ketut Suiasa menghadiri Karya Ngenteg Linggih, Pedudusan Agung, Tawur Wraspati Kalpa Agung, Pura Merajapati, Banjar Tegal Gerana, Desa Sangeh, Kecamatan Abiansemal, Badung, Minggu 12 November 2023.

Sebagai wujud bhakti dan dukungan pemerintah, Wabup Suiasa menyerahkan dana upacara secara simbolis sebesar Rp 300 juta yang diterima oleh Manggala Karya I Wayan Karyasa, upacara Ngenteg linggih ini dihadiri Perbekel Desa Sangeh I Made Werdiana, Bendesa Adat Gerana I Made Suardika, tokoh masyarakat Sangeh I Putu Dendy Astra Wijaya dan masyarakat setempat.

Dalam sambutannya Wabup Ketut Suiasa mewakili Bupati Badung menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada Prajuru dan krama Desa Adat Gerana yang telah melaksanakan upacara Ngenteg Linggih, pedudusan Agung, Tawur Wraspati Kalpa Agung, Pura Merajapati, Banjar Tegal Gerana, Sangeh. Kehadiran pemerintah di tengah-tengah masyarakat tidak lain untuk meringankan beban masyarakat dalam melaksanakan kegiatan upacara keagamaan.

Baca Juga:  Langsung Terserap di Dunia Kerja? SMK PGRI 2 Badung Solusinya

“Sudah menjadi komitmen Bupati Badung dan saya selaku Wakil Bupati mewakili pemerintah untuk selalu hadir di tengah-tengah masyarakat krama Badung, seperti sekarang masyarakat Banjar Gerana melaksanakan upacara tawur. Kita harus ngrastiti karya ini, semoga Ida Betara sesuhunan memberikan keselamatan untuk dunia ini, serta diberikan kelancaran dalam pelaksanaan upacara,” ucapnya.

Sementara itu Manggala karya I Wayan Karyasa, mengucapkan banyak terimakasih atas kehadiran Wakil Bupati Badung bersama undangan lainya dimana masyarakat Banjar Tegal Gerana, Sangeh melaksanakan upacara Ngenteg Linggih, Pedudusan Agung, Tawur Wraspati Kalpa Agung, Pura Merajapati yang puncaknya pada Minggu, Paing Ugu, Tilem Sasih Kalima, tanggal 12 November 2023.

Baca Juga:  Peringatan Hari Kanker Sedunia (HKD) 2022

“Dapat kami sampaikan pengempon pura ini berjumlah 52 diri sebagai krama pengarep, 137 Krama Pengele dan untuk jaton bhakti pelaksanaan upacara ini krama mengeluarkan dana sebesar Rp 200 ribu untuk Krama Pengarep dan krama pengele mengeluarkan dana sebesar Rp 100 ribu dan menggunakan kas krama banjar sebesar Rp 100 juta, jadi untuk upacara ini terkumpul dana sebesar Rp 124.100.000 juta,” jelasnya.(den/ub)

BERITA TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments