Beranda blog

Warga Selamatkan Bayi Orang Utan saat Sendirian Ditinggal Induk

0
Bayi orang utan
Kapolres Tapanuli Utara, AKBP Johanson Sianturi menyerahkan bayi orangutan Tapanuli berusia 11-12 bulan yang diselamatkan dua orang warga Pahae Jae, Taput kepada Kepala Seksi wilayah IV Tarutung BBKSDA, Manigor Lumbantoruan, Kamis (29/9/2022). Sumber foto: Antara

UPDATEBALI.com, TAPUT – Luas Sitompul (40) dan Noel Sitompul, warga Tapanuli Utara, Sumatera Utara, menyelamatkan satu individu bayi orangutan Tapanuli dari kawasan perkebunan durian Aek Sorminan Desa Sitoluompu, Kecamatan Pahae Jae, Tapanuli Utara.

“Setelah bayi orangutan itu ditemukan, warga menyerahkannya kepada kepolisian, dan untuk saat ini akan kita serahkan kepada BBKSDA,” kata Kapolres Tapanuli Utara, AKBP Johanson Sianturi di Tarutung, Kamis (29/9/2022).

Dikatakan, kronologi penyelamatan bayi orangutan Tapanuli jenis kelamin jantan yang diperkirakan berusia 11-12 bulan tersebut berawal saat dua orang warga Desa Sitoluompu, menemukan sedang menyendiri dan terlantar di lokasi kebun durian Aek Sorminan.

Luas Sitompul (40), dan Noel Sitompul merupakan dua warga Pahae yang menemukan keberadaan bayi orang hutan tersebut, Rabu (28/9), sekira 17.00 WIB.

“Tindakan penyelamatan anak orang hutan ini sebagai satwa dilindungi, oleh dua orang warga Pahae, sangat kita apresiasi,” terangnya.

Diceritakan, kedua warga menemukan bayi orangutan tersebut saat keduanya pergi untuk mengumpul durian, dan melihat anak oranguutan tersebut menyendiri sedang memakan durian yang jatuh di permukaan tanah.

Keduanya sempat membiarkan bayi tersebut di sekitar lokasi karena mengira ada induknya yang secara sembunyi menjaganya.

Namun, ditunggu hingga malam hari sekira pukul 19.00 WIB, bayi orang hutan tersebut tetap menyendiri tanpa induk.

Selanjutnya keduanya mengambil inisiatif mendekati anak oranguutan tersebut untuk menyelamatkannya, serta menimang bayi dimaksud dan membawanya ke kampung untuk dilaporkan kepada kepala desa setempat.

Kanit Tipiter Polres Taput Ipda Imron Barus yang mendapatkan informasi dari kepala desa segera meluncur ke lokasi dan warga menitipkan bayi orangutan itu kepada polisi untuk diserahkan kepada pihak Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Seksi Wilayah IV Tarutung, Manigor Lumbantoruan.

Manigor yang didampingi Krisna dari tim OIC mengungkapkan, bayi orangutan yang ditemukan warga merupakan satwa dilindungi jenis orangutan Tapanuli yang merupakan salah satu spesies dari genus orangutan yang berasal dari daerah Tapanuli.

Orangutan Tapanuli merupakan tambahan spesies baru sekaligus spesies ketiga yang ditemukan setelah spesies orangutan Kalimantan dan orangutan Sumatera.

Saat ini, jumlah populasi orang utan Tapanuli hanya tersisa sekitar 800 individu yang hidup di wilayah hutan Tapanuli.

“Biasanya, anak orangutan akan dilepas induknya pada umur 7 tahun. Makanya, setelah nantinya orangutan ini cukup besar dan dewasa, barulah kita akan melepas liarkan di alam bebas,” katanya.(ub/antara)

Penjaga Sekolah Tertangkap Karena Simpan Sabu-sabu dalam Buku Perpustakaan

0
Paket sabu-sabu di buku perpustakaan
Kepala Satresnarkoba Polres Lombok Utara Iptu Ketut Artana menunjukkan buku tempat simpan paket sabu-sabu dalam pengungkapan kasus peredaran narkoba dengan pelaku seorang penjaga sekolah berinisial LDS dalam konferensi pers di Tanjung, Lombok Utara, NTB, Kamis (29-9-2022). Sumber foto: Antara

UPDATEBALI.com, MATARAM – Seorang penjaga sekolah di wilayah Ampenan, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, berinisial LDS (43) terungkap menyimpan paket sabu-sabu dalam buku yang ada di ruang perpustakaan.

Kepala Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) Polres Lombok Utara Inspektur Polisi Satu Ketut Artana melalui sambungan telepon, Kamis (29/9/2022), mengatakan bahwa modus penyimpanan narkoba ini terungkap dari hasil pengembangan penangkapan LDS di kawasan Pantai Klui, Kabupaten Lombok Utara.

“Jadi, modus pelaku simpan paket sabu-sabu dalam buku perpustakaan ini terungkap dari penelusuran pengakuan pelaku yang berprofesi sebagai penjaga sekolah,” kata Artana.

Pada awalnya polisi hanya memeriksa kamar jaga LDS yang ada di sekolah. Karena tidak menemukan barang bukti yang berkaitan dengan narkoba, polisi memperluas penggeledahan ke setiap ruang sekolah.

“Awalnya memang kami tidak menemukan apa-apa. Akan tetapi, berkat kejelian anggota kami di lokasi, barang bukti paket sabu-sabu berhasil ditemukan dalam susunan buku yang ada di ruang perpustakaan,” ujarnya.

Jumlah barang bukti sabu-sabu yang disita petugas dari penangkapan LDS di akhir pekan lalu tersebut sedikitnya 39 gram.

“Ada delapan paket klip plastik beragam ukuran dan berat. Itu semua kami sita dalam satu buku yang dalamnya sudah dimodifikasi dengan bentuk kotak,” ucapnya.

Dari temuan barang bukti narkoba di perpustakaan sekolah, pengembangan berlanjut ke lokasi ketiga di rumah LDS di wilayah Ampenan. Dari rumah LDS, jelas Artana, anggota menemukan alat isap sabu-sabu dan timbangan elektrik.

“Buku tabungan dan telepon seluler milik pelaku juga sudah kami sita untuk menelusuri jaringan LDS,” kata dia.

Kepada polisi, LDS telah mengakui asal dirinya mendapatkan sabu-sabu. LDS membelinya dengan memesan kepada seseorang yang berdomisili di Pulau Bali.

Namun, LDS mengaku tidak mengenal orang tersebut karena sistem pembelian dengan modus menempatkan barang di suatu tempat.

“Jadi, sistem beli putus. LDS ini tidak bertemu dengan penjualnya. Barang disimpan di suatu tempat dan dikabarkan via telepon,” ucapnya.

Artana mengatakan bahwa penangkapan LDS di kawasan Pantai Klui merupakan tindak lanjut pengembangan penangkapan seorang pria berinisial LI di wilayah Lombok Utara.

“Selama 1 jam sebelum LDS ditangkap, anggota lebih dahulu menangkap jaringannya berinisial LI di Lombok Utara. Hasil pengembangan, LDS ditangkap,” ujarnya.

Dari kasus ini pun penyidik telah menetapkan LDS bersama LI sebagai tersangka. Keduanya dikenai Pasal 112 ayat (2) dan/atau Pasal 114 ayat (2) Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.(ub/antara)

3010 Bibit Tanaman Jempiring Sebagai Maskot Denpasar Disebar

0
Tanaman Jempiring
3010 Bibit Tanaman Jempiring Sebagai Maskot Denpasar Disebar. Sumber foto: Humas Denpasar

UPDATEBALI.com, DENPASAR – Penyerahan bantuan 3010 bibit tanaman Jempiring oleh PT. Jasa Raharja Bali kepada Camat, Perbekel, Lurah se-Kota Denpasar melalui DPD LPM Kota Denpasar dilaksanakan pada Rabu (28/9/2022) di Gedung Dharma Negara Alaya (DNA), Denpasar.

Dalam kesempatan tersebut hadir Sekretaris Daerah Kota Denpasar, I.B Alit Wiradana bersama Direktur Hubungan Kelembagaan Jasa Raharja Bali, Munadi Herlambang. Hadir pula Kepala Dinas pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kota Denpasar, Wayan Budha, Perwakilan OPD, Jajaran DPD LPM Kota Denpasar, Camat, Perbekel, Lurah se- Kota Denpasar serta undangan lainnya.

Sekda Kota Denpasar, I.B Alit Wiradana  menyambut baik penyerahan 3010 bibit tanaman jempiring yang merupakan tanaman maskot Kota Denpasar kepada Camat, Perbekel, Lurah se- Kota Denpasar.

“Ini sebagai bukti dukungan kepada DPD LPM Kota Denpsar sebagai pelestarian fungsi taman telajakan. Sebagai warisan budaya dan kearifan lokal,  taman telajakan merupakan yang multi fungsi selain sebagai visual estetika juga sebagai  pelestarian lingkungan,” jelasnya.

Ditambahkannya, pembangunan infrastruktur untuk mendukung ekonomi membuat berkurangnya ruang terbuka hijau, hal ini menjadi perhatian Pemkot Denpasar mengingat pentingnya fungsi taman telajakan.

“Melalui lomba taman telajakan diharapkan mampu memberikan edukasi pelestarian lingkungan dan menjaga ciri khas tata ruang Bali,” kata Alit Wiradana.

Sementara, Ketua Panitia Lomba Taman Telajakan Kota Denpasar, Sayang Mardawa mengatakan alih fungsi lahan karena tuntutan pembangunan ekonomi maka kami Dewan Pimpinann Daerah Lembaga Pemberdayaan Masyarakat kota Denpasar bersinergi dengan Pmekot Denpasar dan PT. Jasa Raharja ingin kembali menumbuhkan rasa peduli dalam pelestarian lingkungan melalui lomba taman telajakan.

“Nantinya ada empat tahapan diantaranya sosialisasi bersama Dinas Perkim mulai September hingga Oktober 2022 mellaui zoom metting.”Dilanjutkan pembinaan di bulan November hingga Desember 2022 serta tahap penilaian mulai bulan Januari 2023 hingga pengumuman juara pada HUT Kota Denpasar di Bulan Februari 2023,” ucapnya. (per/ub)

Kuliner Lokal Teguk Ekspansi ke New York

0
Global Head of Marketing GoFood
Global Head of Marketing GoFood Ichmeralda Rachman dan CEO Teguk Maulana Hakim berfoto bersama usai jumpa pers di Jakarta Selatan, Kamis (29/9/2022). Sumber foto: Antara

UPDATEBALI.com, JAKARTA – Platform pesan-antar makanan GoFood mendukung jenama kuliner lokal, Teguk, berekspansi ke New York, Amerika Serikat dengan membuka gerai pertamanya di Negeri Paman Sam.

“Kami turut bangga atas pencapaian positif dan ekspansi Teguk ke New York. GoFood selalu mendukung perkembangan Teguk sejak 2019, sebagaimana juga GoFood selalu berupaya mewujudkan komitmen untuk menjadi mitra andalan bagi seluruh mitra UMKM kami,” kata Global Head of Marketing GoFood Ichmeralda Rachman dalam jumpa pers di Jakarta, Kamis (29/9/2022).

Ichmeralda menambahkan, salah satu strategi utama GoFood adalah menghubungkan mitra UMKM dengan basis pelanggan yang loyal dan berkualitas melalui inovasi teknologi berbasis pencarian dengan pendekatan hyperlocal dan personalisasi data.

Selain itu, Ichmeralda menjelaskan bahwa berbagai solusi GoFood seperti GoBiz hingga GoAds diharapkan juga mampu mendukung UMKM kuliner untuk lebih mengembangkan bisnisnya dan mampu ekspansi.

“Inovasi teknologi digital dari hulu ke hilir yang dimiliki GoFood terbukti memberikan dampak positif bagi pertumbuhan bisnis mitra UMKM kami,” kata dia.

Ia melanjutkan, berdasarkan hasil riset LD FEB UI 20211, pendapatan mitra UMKM GoFood rata-rata naik 66 persen pada 2021 dibandingkan 2020.

“Hal ini menjadi acuan bagi kami untuk terus menghadirkan beragam inovasi teknologi digital bagi lebih dari 1 juta mitra usaha kami yang mayoritasnya adalah UMKM agar dapat membawa produk lokal menjadi juara di kancah nasional maupun internasional,” ujar Ichmeralda.

CEO Teguk Maulana Hakim mengatakan pihaknya merasakan berbagai manfaat dari digitalisasi dengan bergabung bersama platform pesan-antar makanan daring sejak tiga tahun terakhir. Ia mengungkapkan, bisnis Teguk berkembang pesat hingga kini memiliki 155 gerai dan 800 karyawan di berbagai wilayah di Indonesia serta omzet melesat hingga mencapai 275 persen.

“Berkat strategi pemasaran dan penjualan yang tepat sasaran melalui GoFood, kami berhasil meraih pertumbuhan bisnis yang eksponensial sejak bermitra dengan GoFood hingga akhirnya kami berani ke mancanegara. Ekspansi ini merupakan langkah awal kami untuk memperkuat posisi Teguk sebagai brand lokal yang mengglobal,” ujar Maulana.

Lebih lanjut, Maulana mengatakan, pembukaan gerai pertama Teguk di New York, mendapat antusiasme yang besar dari warga lokal dengan penjualan mencapai 634 minuman hanya dalam kurun waktu tiga hari.

Sebagai bagian dari pencapaian ini, Teguk bersama GoFood menghadirkan tiga menu eksklusif, antara lain varian coconut series yang juga hadir di gerai Teguk New York dan diskon spesial sebesar 40 persen yang dapat dinikmati oleh para pelanggan GoFood di Indonesia.

Menu eksklusif ini tersedia di GoFood sejak 17 September hingga 14 Oktober 2022.(ub/antara)

PLN Tanam 5.000 Mangrove Bersama Kelompok Nelayan di Denpasar

0
Tanam Mangrove
PLN Tanam 5.000 Mangrove Bersama Kelompok Nelayan di Denpasar. Sumber foto: Humas PLN

UPDATEBALI.com, DENPASAR  – PT PLN (Persero) menanam 5.000 bibit mangrove bersama Kelompok Nelayan Kelompok Usaha Bersama (KUB) Simbar Segara di Kawasan Hutan Tahura Ngurah Rai, Desa Adat Kepaon.

Bantuan 5.000 bibit mangrove diserahkan langsung oleh Manager Komunikasi dan TJSL PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Bali, I Made Arya kepada Kelompok Nelayan KUB Simbar Segara, Denpasar, Kamis (29/9/2022).

Arya menyampaikan bantuan yang diberikan ini merupakan bentuk tanggung jawab sosial atau Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan kepada masyarakat khususnya dalam menjaga kelestarian hutan mangrove.

“Ini merupakan komitmen PLN untuk alam demi menyelesaikan berbagai masalah kerusakan lingkungan, sehingga yang kita lakukan hari ini diharapkan mampu menciptakan lingkungan untuk kehidupan yang lebih baik bagi ekosistem,” ucap Arya.

Dalam kegiatan ini PLN berkolaborasi dengan berbagai pihak antara lain kelompok nelayan KUB Simbar Segara yang merupakan Mitra Binaan PLN serta UPTD Tahura Ngurah Rai.

I Ketut Subandi selaku Kepala UPTD Tahura Ngurah Rai menyampaikan ucapan terima kasih atas kepedulian PLN yang ikut menjaga kawasan hutan mangrove.

“Hutan Mangrove saat ini menjadi primadona dunia dan merupakan showcase dalam event KTT G20 di Bali. Kami berharap 5.000 bibit mangrove yang kita tanam hari ini bisa hidup dan tumbuh dengan baik agar dapat menjadi warisan untuk anak cucu kita di masa mendatang,” ujarnya.

Bantuan program penanaman mangrove ini mendapat antusias dari masyarakat setempat dalam rangka menjaga ekosistem pesisir dan laut.

Ketut Darsana, Ketua KUB Simbar Segara Suwung Kauh menyampaikan terima kasih kepada PLN atas bantuan yang diberikan.

“Kami berharap bantuan ini dapat memberikan manfaat bagi lingkungan dan kesejahteraan masyarakat dan kelompok nelayan, semoga kegiatan ini bisa berlanjut kedepannya dan menginspirasi kepada seluruh masyarakat untuk menjaga ekosistem mangrove,” jelasnya.(yud/ub)

Minum Air Dingin Bikin Gemuk, Mitos atau Fakta?

0
Ilustrasi mengonsumsi air dingin
Ilustrasi mengonsumsi air dingin

UPDATEBALI.com – Mengonsumsi air dingin sering dinilai bisa menyebabkan kegemukan, dan apakah anggapan itu fakta atau hanya mitos?

“Pasien saya juga pernah bilang ‘Nih dok anak saya gimana mau turun berat badannya orang minum es terus’ gitu. Loh ya nggak apa-apa. Asalkan nggak ditambahin gula, sirup, atau minuman manis lainnya,” kata dokter spesialis ahli gizi klinik dr Cindiawaty J Pudjiadi, MARS, MS, Sp.GK saat dijumpai di Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Kamis (29/9/2022).

Lebih lanjut, Cindy menjelaskan bahwa air mineral tidak memiliki kalori baik dalam kondisi dingin maupun tidak. Sehingga, mengonsumsi air dingin tidak dapat menyebabkan peningkatan berat badan.

“Air putih itu nggak ada kalorinya. Kecuali sudah ditambahin sirup, susu, dan lain-lain. Jadi mitos kalau dibilang air putih dingin bisa menyebabkan tubuh jadi gemuk,” paparnya.

Selain itu, Cindy juga mengingatkan agar seseorang yang sedang dalam proses diet penurunan berat badan untuk selalu memperhitungkan kalori yang dia konsumsi. Sebab, masih banyak masyarakat yang salah kaprah terkait pola diet yang sedang dijalaninya.

Misalnya diet yang hanya mengonsumsi buah-buahan dalam bentuk jus. Cindy mengatakan bahwa kalori yang terdapat dalam satu gelas jus yang mereka buat sama sekali tidak diperhitungkan dengan baik oleh sebagian besar orang. Alhasil, diet pun tidak akan berhasil dan justru dapat meningkatkan berat badan.

“Jadi gini, kalau mau diet yang menurunkan berat badan, itu yang harus kita pertimbangkan adalah kalorinya. Misalnya jus. Pasien saya bilang ‘Dok aku makan buah tapi dalam bentuk jus’. Dia bilang sehari 5 sampai 6 gelas dan nggak pakai gula. Tapi kalorinya berapa?” jelas Cindy.

“Misal jus jeruk, satu gelas berapa jeruk yang dipakai? Nggak mungkin cuma satu dong karena kan airnya dikit banget. Jadi harus banyak jeruknya supaya bisa jadi banyak segelas jeruk murni. Nah satu jeruk kalau kecil 50 kalori, gede 100 kalori. Hitung saja, dikalikan dengan jeruk yang dipakai jadi satu gelas,” imbuhnya.

Pola diet yang sehat perlu dipahami terlebih dulu sebelum menerapkannya, kata Cindy. Selain dapat menyebabkan lonjakan berat badan, persepsi diet yang salah juga bisa berdampak pada kesehatan tubuh.

Oleh sebab itu, Cindy pun menyarankan agar masyarakat berkonsultasi terlebih dulu kepada ahli jika ingin menurunkan berat badan dan tidak sembarang percaya dengan mitos-mitos diet yang beredar.

“Banyak yang ngeluh kenapa sih padahal udah nggak makan cuma minum jus aja tapi nggak kurus-kurus? Ya itu tadi. Karena kalorinya tetap nempel. Nggak turun berat badannya karena salah persepsi. Misal nggak makan nasi, tapi kalorinya tetap lewat. Mendingan sekalian makan nasi dengan gizi yang lengkap, kenyang. Daripada cuma minum doang? Jadi kalau mau menurunkan berat badan itu sebenarnya yang harus diperhatikan betul-betul adalah kalorinya,” tutupnya.(ub/antara)

Sekda Alit Wiradana Mendapat Undangan Kehormatan dari Kapten Kapal Perang Amerika Serikat USS Charleston

0
Sekda Denpasar
Sekda Alit Wiradana (Baju putih) saat melakukan Tour Aboard USS Charleston. Sumber foto: Humas Denpasar

UPDATEBALI.com, DENPASAR – Sekda Kota Denpasar, Alit Wiradana mendapat undangan kehormatan untuk berkunjung dari dekat ke kapal Perang Amerika atau A Ship Tour Aboard USS Charleston milik Angkatan Laut Amerika Serikat oleh Commander Clayton Beas selaku Kapten USS Charleston, yang sedang bersandar di Pelabuhan Benoa pada Kamis, (29/9/2022).

USS Charleston adalah sebuah kapal jenis tempur  yang memiliki panjang 127,4 Meter dapat melesat kencang hingga 47 Knots atau setara 87 Km/jam yang berkekuatan 2 mesin diesel ditambah satu mesin pesawat terbang yang ada di lambungnya, serta dipersenjatai dengan senapan mesin jenis Mk 110 57mm, dan Evolved SeaRAM 11 cell missile launcher untuk menghadang serangan laut dan udara. Pada kali ini USS Charleston mengemban misi perdamaian dan persahabatan, serta misi sosial lain dengan melakukan pesiar ke negara-negara sahabat.

Saat memandu Tour Aboard, Commander Clayton Beas mengatakan, selain turut menjaga keamanan kemaritiman dunia, USS Charleston juga memiliki misi sosial seperti bersih-bersih pantai di sekitar pelabuhan yang akan di lakukan besok, dan dilakukan di setiap pelabuhan dimana USS Charleston bersandar.

Sementara itu Sekda Alit Wiradana  menyampaikan dukungan atas misi perdamaian USS Charleston di Indonesia sebagai negara sahaba.

“Kami mengucapkan selamat datang, dan senantiasa mendukung USS Charleston dalam menjalakan misi, khususnya misi-misi sosial maupun kenegaraan yang akan dilkakukan di Kota Denpasar ini,” kata Alit Wiradana

Setelah menyelesaikan Tour singkat menyusuri beberapa bagian dek kapal, Sekda Alit Wiradana berharap kunjungan kapal Perang USS Charleston dapat meningkatkan hubungan baik antara Indonesia dan Amerika Serikat.(per/ub)

Mitos Daging Kambing, Benarkah Bisa Tingkatkan Libido?

0
Ilustrasi satai daging kambing
Ilustrasi satai daging kambing

UPDATEBALI.com – Dokter spesialis gizi klinik dari RS Medistra dr. Cindiawaty J. Pudjiadi, MARS, MS, SP.GK menjawab beberapa mitos terkait daging kambing, salah satunya terkait daging kambing dapat tingkatkan keperkasaan pria.

“Daging kambing itu sumber protein, dan sumber protein itu dibutuhkan untuk menjadikan kita perkasa,” ujar Cindy saat dijumpai di Jakarta Pusat, Kamis (29/9/2022).

Kendati demikian Cindy mengingatkan bahwa sumber protein tidak hanya berasal dari daging saja.

Cindy kemudian membenarkan bahwa protein memang bisa membantu pembentukan massa otot sehingga seseorang menjadi tampak lebih perkasa, namun kondisi itu bisa didapat tidak secara instan.

“Mikirnya kalau makan kambing, semua naik. Padahal perlu proses dan banyak faktor yang mempengaruhi,” tambah Cindy.

Cindy menjelaskan beberapa zat penting seperti zinc, magnesium, B12 dan arginine bila mengalami defisiensi maka akan berhubungan dengan disfungsi ereksi. Daging kambing selain sebagai sumber protein juga mengandung zat-zat penting tersebut.

Namun, bukan hanya kambing yang memiliki nutrien untuk meningkatkan keperkasaan.

“Jadi tidak hanya punya si daging kambing saja. Proses pemenuhannya itu perlu jangka panjang. Jadi nggak langsung instan. Nggak kayak kalau kita minum obat kuat atau apa yang efeknya langsung. Dia perlu proses,” papar Cindy.

“Dengan kita menurunkan lemak tubuh kita dan mengonsumsi makanan bergizi lengkap dan seimbang, itu akan jadi terbantu untuk meningkatkan keperkasaan. Jadi bukan serta merta makan daging kambing, langsung perkasa,” imbuhnya.

Rendah kolesterol

Selain itu, mitos yang beredar mengenai daging kambing adalah dipercaya dapat meningkatkan kolesterol. Sehingga, daging kambing umumnya banyak dihindari oleh orang-orang yang menderita kolesterol.

Akan tetapi, Cindy menjelaskan bahwa daging kambing justru memiliki tingkat kolesterol yang lebih rendah dibandingkan dengan daging sapi atau daging domba. Oleh sebab itu, penderita kolesterol sebenarnya masih diizinkan untuk mengonsumsi daging kambing.

Cindy mengatakan selama panganan dari daging kambing tidak banyak mengandung minyak, itu masih tergolong aman. Selain itu daging kambing itu merupakan salah satu sumber protein, vitamin dan mineral.

“Ada lemaknya, tapi ternyata daging kambing itu lemaknya lebih rendah. Kolesterolnya juga lebih rendah kalau dibandingkan dengan daging sapi dan domba,” sambungnya.

Lebih lanjut, Cindy memaparkan bahwa meskipun masih diizinkan mengonsumsi daging kambing, penderita kolesterol tetap harus memperhatikan proses pengolahan daging tersebut. Sebab, pengolahan daging kambing itulah yang dapat mempengaruhi tingkat kolesterol seseorang.

“Dagingnya nggak ada dosa, yang salah itu pengolahannya. Pengolahannya itu sering kan tambahin santan yang banyak biar enak. Jadi itu tambahannya yang dosa. Makan sate kambing boleh nggak? Boleh asal jangan pakai lemak-lemaknya. Kalau tensinya tinggi minta jangan terlalu banyak garam,” pungkasnya.(ub/antara)

Anggota DPR Dedi Mulyadi Diteriaki Ibu-ibu “Duren Sawit”

0
Anggota DPR RI Dedi Mulyadi.
Anggota DPR RI Dedi Mulyadi. Sumber foto: Antara

UPDATEBALI.com, PURWAKARTA – Anggota DPR RI, Dedi Mulyadi diteriaki ‘duren sawit’ alias duda keren banyak duit oleh ibu-ibu saat menjalani kegiatan di Kampung Nagrog, Desa Kertamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

“Sebelum pergi ke Gedung DPR kita jalan-jalan menyusuri rumah warga,” kata Dedi melalui sambungan telepon, di Purwakarta, Kamis (29/9/2022).

Saat menyusuri permukiman warga, ia melihat satu rumah semipermanen yang kondisinya hampir roboh dan tidak layak huni.

Rumah tersebut rupanya dihuni oleh Nani dan tiga orang anaknya. Sementara suaminya, Suhanta, telah meninggal dunia karena sakit.

Ada kejadian lucu saat Dedi Mulyadi berkunjung ke rumah Nani untuk merobohkan rumah tidak layak huni itu agar bisa direnovasi ulang.

Dedi memutuskan untuk ikut gotong royong bersama warga setempat membongkar rumah dengan menaiki genting hingga mencopoti satu per satu.

Saat menaiki genting, Dedi melontarkan ungkapan yang menggelitik. “Ini bukan frustasi mau bunuh diri, bukan,” teriaknya disaksikan ibu-ibu.

Lalu terdengar teriakan dari sekelompok ibu menyebutkan Dedi dengan sebutan “duren sawit” alias duda keren banyak duit

“Duren sawit, duda keren banyak duit. Calon duren sawit, duda keren banyak duit,” teriak ibu-ibu.

Mendengar hal itu, Dedi Mulyadi hanya tertawa.

Baru-baru ini publik dihebohkan dengan isu perceraian Dedi Mulyadi dengan istrinya yang Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika.

Keduanya akan menjalani sidang perdana di Pengadilan Agama Purwakarta pada Rabu, 5 Oktober 2022.

Dedi Mulyadi menyampaikan baginya apa pun yang terjadi saat ini tak menjadi halangan untuk bermanfaat bagi orang lain.

Ia mengaku akan terus bekerja dan berusaha membahagiakan masyarakat.

“Kita terus bekerja untuk masyarakat, saya tidak akan pernah peduli dengan apa yang saya hadapi, karena yang terpenting hidup ini bermanfaat untuk orang lain,” katanya.(ub/antara)

Polres Agam Tangkap Pembunuh Gadis di Kebun Sawit

0
Polres Agam
Tim Sat Reskrim Polres Agam. Sumber foto: Antara

UPDATEBALI.com, LUBUKBASUNG – Kepolisian Resor (Polres) Agam, Sumatera Barat, menangkap YI (38) terduga penganiaya AO (18) hingga meninggal dunia di kebun kelapa sawit di Padang Kuciang Bukik Batu Apuang, Jorong Durian Kapeh, Nagari Tiku Utara, Kecamatan Tanjungmutiara, Rabu (28/9/2022) sore.

Kapolres Agam AKBP Ferry Ferdian di Lubukbasung, Kamis, mengatakan pelaku ditangkap beberapa jam setelah melakukan aksinya.

“Penangkapan pelaku berkat kejelian Tim Sat Reskrim Polres Agam,” katanya.

Ia mengatakan penangkapan pelaku berawal dari laporan masyarakat tentang adanya penemuan mayat di kebun kelapa sawit di Padang Kuciang Bukik Batu Apuang, Jorong Durian Kapeh, Nagari Tiku Utara, Kecamatan Tanjungmutiara, Rabu (28/9/2022) sore.

Mayat tersebut dengan inisial AO (18) warga Bukik Batu Apuang, Jorong Durian Kapeh, Kecamatan Tanjungmutiara.

Kemudian Tim Sat Reskrim Polres Agam mendatangi tempat kejadian perkara (TKP) dan melakukan olah TKP.

Dari hasil olah TKP, ditemukan tangkai atau pegangan parang dalam kondisi patah di sekitar lokasi.

Selanjutnya Tim Sat Reskrim Polres Agam mengembangkan petunjuk tersebut hingga mengarah kepada satu orang laki-laki berinisial YI yang juga warga sekitar.

Kemudian dilakukan interogasi terhadap YI dan akhirnya mengakui bahwa ia telah memukul kepala korban sebanyak dua kali menggunakan tangkai parang sehingga tangkai parang patah membuat korban menjerit dan melakukan perlawanan.

Dengan kondisi itu, YI membacok menggunakan ujung sabit ke arah leher belakang korban beberapa kali yang membuat korban terdiam.

Setelah melakukan aksinya, pelaku membuang satu parang dan satu sabit ke sebuah parit di sekitar lokasi.

“Setelah melakukan interogasi, tim membawa YI untuk menunjukkan lokasi pembuangan barang bukti dan akhirnya menemukan barang bukti. Setelah itu pelaku dan barang bukti kita bawa ke Mapolres Agam untuk pengusutan lebih lanjut,” katanya.(ub/antara)

Berita Terbaru

Ikuti Kami

2,165FansSuka
835PengikutMengikuti
74PengikutMengikuti
944PelangganBerlangganan