Residivis Maling motor
Residivis Maling Motor Dibekuk Saat Di Penginapan. Sumber foto : humas Polsek Kintamani

UPDATEBALI.com, BANGLI – Tim opsnal Polsek Kintamani berhasil membekuk pelaku pencurian sepeda motor yang terjadi di Banjar Wanasari Desa/Kecamatan Kintamani. Pelaku diketahui bernama I Kadek Arianto alias Kadek Ompong (38), asal Banjar Paleg, Desa Tianyar, Kecamatan Kubu, Karangasem yang merupakan seorang residivis yang sudah dua kali masuk penjara karena kasus penggelapan motor.

Pelarian panjang maling kambuhan ini berakhir setelah diringkus di sebuah penginapan bersama seorang cewek di kawasan Kubutambahan, Buleleng pada Minggu (18/9/2022) sekitar pukul 21.30 Wita.

Kapolsek Kintamani, Kompol Ruli Agus Susanto saat dikonfirmasi Senin (19/9/2022) membenarkan adanya pengungkapan kasus tersebut. Kata dia,  kronologis kejadian berawal korban I Nengah Diarsa (38), Minggu (4/9/2022) bertandang ke rumah saksi I Putu Redik Ngariadi (28) menggunakan sepeda motor jenis Honda Scoopy DK 8120 LF. Saat itu korban memarkir sepeda motor di halaman rumah saksi dengan kondisi kunci masih nyantol. Selang 30 menit kemudian, saat korban hendak pulang, didapati kendaraan miliknya sudah tak ada.

“Korban bersama saksi sempat mencari di sekitar rumah, namun tak ditemukan. Selanjutnya peristiwa tersebut di laporkan ke Polsek Kintamani untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut,” ungkap Kapolsek didampingi Kasi Humas Polres Bangli, Iptu I Wayan Sarta.

BACA JUGA  Optimalkan Pelaksanaan MBKM Membangun Desa, LPPM Unud Berikan Pembekalan Umum dan Khusus

Menindak lanjuti laporan tersebut, unit Reskrim Polsek Kintamani di pimpin Kanit Reskrim, Iptu I Gede Sudhana Putra dan Panit 1 Opsnal Reskim Polsek Kintamani Aiptu Ketut Sudiartha melakukan serangkaian penyelidikan dan olah TKP, termasuk mengintrogasi saksi saksi di lapangan. Hasilnya diketahui terduga pelaku saat kejadian sempat berada di sekitar TKP.

“Karena residivis jadinya mudah terdeteksi,”sebut Kompol Ruli.

Hanya saja, diakui juga, keberadaan pelaku cukup licin. Setelah mengambil motor korban, pelaku kabur ke Jembrana. Setelahnya ke Tabanan, ke wilayah Kubu, Karangsem, lalu ke Kubutambahan, Buleleng.

“Dia sempat ke tempat pacarnya di Tabanan. Setelah kita sampai sana, ternyata dia (pelaku) sudah kabur. Terakhir kami endus di Buleleng sedang berada di penginapan bersama teman ceweknya. Yang bersangkutan kami amankan tanpa perlawanan,” bebernya.

Dari interogasi, Kadek Ompong mengakui perbuatannya. Selain di Kintamani, Ompong juga beraksi di tiga TKP berbeda yakni Denpasar, Karangasem dan Buleleng. Pelaku berpura-pura bertamu ke rumah korban dan mengambil sepeda motor yang di parkir di halaman rumah pada malam hari saat korban lengah. Motifnya, tekanan ekonomi karena pelaku tidak bekerja dan pengangguran.

BACA JUGA  Tekan Angka Stunting, Bunda Paud Denpasar Ny. Sagung Antari Buka Acara Peluncuran & Pelatihan “Sehat Dengan Isi Piringku” 

“Dari karangasem dia naik motor Mio. Sampai di TKP, motor itu ditinggal, digantikan melarikan Scoopy. Dia beraksi seorang diri,”imbuh Kapolsek. Ompong disangkakan Pasal 362 KUHP.

Sebelum ini, tersangka juga sudah dua kali menjadi tahanan dengan kasus yang sama. Di tahan di Rutan Bangli dengan TKP wilayah Kintamani dan LP Kerobokan dengan TKP wilayah Denpasar.

“Keterangannya masih kami kembangkan,”pungkasnya.(put/ub)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini