Desa Wisata Penglipuran
Field Trip Delegasi G20 Asia Pacific Regional Response Exercise 2022 Kunjungi Desa Penglipuran. Sumber foto : Istimewa

UPDATEBALI.com, BANGLI – Field Trip Delegasi G20 Asia Pacific Regional Response Exercise 2022 di Desa Wisata Penglipuran. sebanyak 150 lebih anggota delegasi sangat terkesan dengan keindahan Desa Wisata Penglipuran.

Salah satu delegasi Komandan 2 Batalyon Pasukan Tanggap Bencana Nasional India, Gurminder Singh mengatakan, Sangat menikmati indahnya desa wisata Penglipuran, dirinya terpesona dengan keasrian Desa Wisata yang selalu menjaga adat istiadat serta pelestarian tradisi lokal yang telah diwariskan leluhur.

“Seperti bangunan tradisional yang unik yang menjadi ciri khas Desa Wisata Penglipuran, kebersihan lingkungan serta hutan bambu yang dikelola sedemikian rupa sehingga sangat menarik untuk di eksplor,” kata Gurminder Singh.

I Wayan Budiarta, Kelian Desa Adat Penglipuran mengatakan, seluruh peserta delegasi diberi penjelasan mengenai keunikan alam Desa Wisata Penglipuran dimana sejak dulu masyarakat sudah hidup harmonis dengan alam dalam pembangunan tata ruang, serta tidak merusak alam, mengambil filosofi Tri Hita Karana yang merupakan falsafah hidup harmonis dengan Tuhan, alam sekitar dan sesama manusia. Filosofi ini dipegang teguh dalam membangun Desa dan menjadi upaya bersama dalam pengurangan risiko bencana, khususnya melestarikan alam .

BACA JUGA  Fapet Unud Lakukan Promosi serta Sosialisasi S2 dan S3 di Balai Penelitian Ternak Ciawi 

“Diharapkan selain delegasi mendapat informasi mengenai Desa Wisata Penglipuran juga terkait pengurangan resiko bencana yang dilakukan secara bergotong royong, sehingga para delegasi bisa mempromosikan bahwa objek wisata ini aman untuk di kunjungi,” harap Wayan Budiarta.(put/ub)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini