Wapres apresiasi KVKI penting untuk bina iman umat Katolik. sumber foto : antara

UPDATEBALI.com, Jakarta  – Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengapresiasi acara Kreasi Virtual Katolik Indonesia (KVKI) yang penting untuk membina iman umat Katolik dalam memupuk rasa solidaritas antarsesama.

“Kegiatan seperti ini sangat penting dalam rangka membina iman masyarakat Katolik, khususnya dalam rangka memupuk rasa nasionalisme dan solidaritas antarsesama anak bangsa melalui kecintaan terhadap seni budaya gerejani,” kata Wapres saat memberi sambutan pada acara KVKI melalui konferensi video, Sabtu.

Wapres menambahkan kegiatan KVKI juga menjadi momentum bagi seluruh umat beragama di Indonesia untuk saling menguatkan dalam menghadapi krisis pandemi COVID-19.

“Saya menilai apa yang dilakukan sekitar 500 peserta KVKI ini sangat baik dalam rangka mempertinggi keimanan kita kepada Tuhan Yang Maha Esa, menjaga kerukunan dan keharmonisan beragama, serta sekaligus meningkatkan kecintaan kepada Tanah Air, bangsa dan negara,” ujarnya.

BACA JUGA  Satu Orang Meninggal Akibat Kapal Penumpang Batam-Pekanbaru Terbakar

KVKI merupakan rangkaian kegiatan Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) II yang seharusnya diselenggarakan di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada 2020 lalu. KVKI Tahun 2021 mengusung tema “Persaudaraan Insani di Tengah Pandemi” dan terdiri atas lomba Mazmur Tanggapan, Tutur Kitab Suci dan Cerdas Cermat Rohani yang dilaksanakan secara daring.

“Kegiatan lomba Mazmur misalnya, pada dasarnya itu adalah lomba melantunkan kidung indah berisi puji-pujian kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang dipahami oleh umat Katolik bahwa dengan semakin indah dilantunkan, maka semakin diyakini doa syukurnya didengar dan diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa,” kata Wapres Ma’ruf Amin.

Selain itu, kata Wapres lagi, lomba Tutur Kitab Suci dapat mendorong kreativitas peserta dalam menerjemahkan teks Alkitab dengan menggunakan bahasa sehari-hari yang diimbuhi gerak dan lagu.

“Terakhir, melalui lomba Cepat Tepat Kitab Suci, ini mendorong pemahaman dan pengetahuan lebih baik tentang isi Kitab Suci yang dipadukan dengan kecepatan untuk menjawab pertanyaan secara tepat,” katanya.

BACA JUGA  Tim SAR Cari Bocah yang Dilaporkan Terseret Arus Sungai di Sumba Timur

Wapres juga mengapresiasi panitia yang menggelar sejumlah acara keagamaan Katolik yang sejalan dengan upaya meningkatkan kebangsaan dan nasionalisme umat.

“Saya mengapresiasi juga digelarnya sejumlah acara lainnya yang bernuansa kebangsaan dalam kegiatan ini, yang bertujuan meningkatkan cinta kepada Tanah Air, bangsa dan negara,” ujar Wapres. (updatebali/antara)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini