pembukaan pon xx
Presiden Jokowi hadiri pembukaan PON XX Papua. sumber foto : antara

UPDATEBALI.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) PON XX Papua 2021, di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura, Sabtu (2/10/2021)

Presiden hadir mengenakan jaket PON XX dengan dominasi warna merah dan putih dan wajah orang Papua, dalam desain grafis dengan warna cerah di bagian depan. Tidak ketinggalan Presiden Jokowi memakai masker warna cokelat muda.

Para menteri Kabinet Indonesia Maju yang hadir antara lain Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, dan pejabat terkait lain juga mengenakan jaket serupa.

Upacara pembukaan PON XX dibuka dengan pertunjukan lagu dan tari menceritakan Papua masa dulu, masa kini, hingga masa yang akan datang yang mengusung pesan kebangkitan anak-anak Papua pada masa depan.

Sejumlah penyanyi nasional dan artis Papua turut memeriahkan acara, antara lain Edo Kondologit, Tulus, Ruth Sahanaya, Michael Jakarimilena, Nowela Elizabeth Auparay, dan Lea Simanjuntak.

BACA JUGA  Indonesia Tetap Harus ikut Kualifikasi World Beach Games 2023 Bali

Selain itu, hadir pula Raffi Ahmad, Intan Saumadina, Piter Ginuy, dan Irsa Yoku sebagai pembawa acara sebelum upacara pembukaan berlangsung.

Setelah dibuka dengan pertunjukan, para atlet dari masing-masing provinsi yang akan berlaga di PON XX melakukan konvoi dan berkeliling lapangan sambil melambaikan tangan.

Sebanyak 7.066 atlet dari seluruh provinsi di Indonesia mengikuti PON XX di Provinsi Papua, dengan rincian atlet putra sebanyak 4.176 dan atlet putri 2.890 orang.

Ketua Tim Keabsahan PON XX Soedarmo menyebutkan atlet-atlet dari 34 provinsi itu berkompetisi dalam 37 cabang olahraga, 56 disiplin cabang, dan 679 nomor pertandingan. (updatebali/antara)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini