pedagang pon papua
Pedagang di Mimika Sambut Gembira Gelaran PON. sumber foto : antara

UPDATEBALI, MIMIKA  – Para pedagang di Mimika menyambut gembira gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua yang berlangsung di Bumi Cenderawasih pada 2-15 Oktober 2021.

“Kalau ada ramai orang seperti ini kan kami bisa cari uang, berjualan,” kata Fitriyah (55), pedagang makanan di Mimika, Papua, Jumat (1/10/2021)

Ibu tujuh anak itu sudah hampir 25 tahun tinggal di Mimika dan baru kali ini merasakan adanya even besar nasional, seperti PON XX.

Mencoba peruntungan, Fitriyah membuka lapak di depan Mimika Sport Centre untuk menjajakan makanan, di antaranya cireng, pentol, kerupuk, makaroni, dan aneka minuman.

“Sudah tiga hari saya jualan di sini. Ya, lumayan lah, sehari kemarin dapat Rp300.000,” ujar perempuan asli Lamongan, Jawa Timur itu.

Bahkan, Fitriyah pun rela mengontrak lahan senilai Rp2 juta untuk membuka lapaknya selama penyelenggaraan PON Papua.

BACA JUGA  Bubur Ase Betawi Makanan Wajib untuk Penyuka Bubur Diaduk

“Biasanya, saya jualan di rumah, di dekat Pasar Gorong-Gorong Mimika. Ya jualan ini cireng, pentol, minuman,” katanya.

Tak hanya itu, Fitriyah pun memesan spanduk bertemakan PON XX untuk menghiasi lapaknya sebagai langkah menyemarakkan even olahraga empat tahunan itu.

Setelah PON, Fitriyah berharap nantinya kembali ada even besar di Mimika sehingga bisa dimanfaatkannnya untuk mengais rezeki.

Di jalan-jalan Mimika, spanduk dukungan PON terlihat di hampir seluruh kios dan pertokoan, lengkap dengan gambar maskotnya, Kangpho dan Drawa dengan slogannya, “Torang Bisa”.

Senada, Ridly (31) juga memanfaatkan momentum PON untuk menjajakan atribut PON, seperti boneka maskot, syal, topi, kaos, dan tumbler (tempat minum).

“Saya biasa jualan balon tepuk. Kebetulan ada PON, saya coba jualan ini (atribut PON). Saya pesan dari Bandung, tapi desain dari saya,” kata Ridly yang sudah tiga tahunan tinggal di Mimika.

BACA JUGA  Tren Kuliner Indonesia "comfort food" dan Camilan Kenyal Jadi Idola

PON Papua mempertandingkan 37 cabang olahraga yang dibagi pelaksanaannya di empat daerah, yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Mimika, Merauke.

Presiden RI Joko Widodo bakal secara resmi membuka gelaran PON XX Papua dari Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura, Papua, Sabtu, 2 Oktober 2021.

Meski baru dibuka pada 2 Oktober besok, ada beberapa cabang olahraga yang sudah memulai jalannya kompetisi dan perebutan medali. (updatebali/antara)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini