Donor Darah
Karang Taruna Desa Ubung Kaja Menggelar Kegiatan Donor Darah. (UB)

UPDATEBALI.com, DENPASAR – Dalam upaya untuk memenuhi ketersediaan stok darah di masyarakat, Karang Taruna Desa Ubung Kaja, STT Wira Dharma Banjar Liligundi, berkolaborasi dengan Relawan Getih Suci serta Asosiasi Teknisi Refrigerasi dan Tata Udara, menggelar kegiatan bakti sosial Donor Darah. Bertempat di Liligundi Warung Jaje Bali, Ubung Kaja, Kota Denpasar, kegiatan tersebut diikuti oleh puluhan orang yang juga didukung penuh oleh Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Badung dalam pelaksanaannya, pada Minggu, (29/8/2021) pagi.

Dalam kesempatannya, selaku pelaksana kegiatan bakti sosial Donor Darah yang digelar kali ini. Gede Wikan, Ketua Karang Taruna Desa Ubung Kaja dan I Gede Rama dari STT Wira Dharma Banjar Liligundi memparkan, dari data yang dikumpulkan dalam kegiatan sosial yang digelar setidaknya ada sebanyak 50 orang peserta yang mendonorkan darahnya dari berbagai kalangan masyarakat termasuk para tokoh Desa Ubung Kaja yang ikut serta berperan aktif mendukung gelaran acara yang dilaksnakan tersebut. Acara bakti sosial Donor Darah tersebut berlangsung secara tertib, dan tetap disiplin dalam menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19.

BACA JUGA  Beri Dukungan Moril Kepada Tim Paskibraka Kota Denpasar Wawali Arya Wibawa Ingatkan Tetap Prokes Saat Latihan

“Tujuan dari dilaksanakannya Donor Darah kali ini, adalah sebagai momentum juga kita sebagai pemuda untuk peduli kepada sesama, bagaimana kita bisa bermasyarakat dengan baik dan sebagai langkah kecil kita yang bisa kita lakukan dalam melaksanakan pengabdian di masyarakat. Bertepatan dengan Hari Saraswati, ini juga dapat dikatakan sebagai sebuah karya dan inovasi dari kami yang bagaimana Karang Taruna bisa memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar,” ungkap Gede Wikan.

“Ini merupakan sebuah kolaborasi bersama untuk memajukan Desa dan sama-sama peduli dalam menyikapi permasalahan yang ada di masyarakat. Untuk target yang kami capai hari ini adalah 50 kantong darah, dengan harapan hal ini dapat memberikan suatu kontribusi positif dalam memenuhi kebutuhan stok darah di masyarakat,” tambah I Gede Rama.

Selanjutnya, I Ketut Agus Mahardika, selaku fasilitator yang turut serta mengajak PMI Kabupaten Badung dalam pelaksanaan kegiatan Donor Darah kali ini mengatakan, kegiatan ini merupakan suatu hal positif yang bisa dicontoh oleh pemuda-pemudi yang ada di desa-desa lain. Dalam hal ini, sebagai generasi muda sudah seharusnya mereka mimiliki ide-ide yang positif dan berguna bagi masyarakat sekitar, ketimbang mereka harus mengisi hari-hari dengan kegiatan negatif yang dapat merusak masa depannya, maka dari itu inovasi yang seperti ini perlu kita dukung dan fasilitasi sehingga kedepannya mereka dapat lebih berperan aktif di masyarakat.

BACA JUGA  Rotary Club Sumbangkan 700 Cup Loloh Imune untuk Pasien Covid 19 di 2 Isoter di Kota Denpasar

“Memang saya sangat berinisiatif untuk memfasilitasi anak-anak muda ini dalam kegiatan positifnya. Ini juga akan kami selanggarakan secara berkelanjutan kedepannya, yang akan berkolaborasi dengan pihak-pihak lain seperti Pemerintah Daerah ataupun insntasi-instansi lain seperti Kepolisian, TNI dan lain sebagainya,” papar Agus Mahardika.

Karang Taruna Desa Ubung Kaja Menggelar Kegiatan Donor Darah. (UB)

Selain itu, menyambut baik hal tersebut, salah satu Tokoh Masyarakat Desa Ubung Kaja, I Nyoman Gede Sumara Putra, ST., yang juga salah satu Anggota DPRD Kota Denpasar mengatakan, pihaknya sangat mendukung dan mengaprsiasi acara bakti sosial Donor Darah yang digelar oleh muda-mudi Desa Ubung Kaja ini. Harapan kedepan kegiatan ini dapat terus berlangsung dan bisa memberikan manfaat bagi orang banyak.

“Dengan adanya kegiatan Donor Darah yang diadakan oleh muda-mudi ini, saya berharap kedepannya bisa memberikan teladan kepada generasi muda yang lain untuk menumbuhkan semangat gotong royon dalam semua bidang kegiatan,” tutupnya.(UB)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini