Wabup Patriana Gotong Royong Pasang Papan Zona Larangan Kawasan Hutan.(ist)
UPDATEBALI.com, JEMBRANA – Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna menyerahkan bantuan dan gotong royong pemasangan papan zona larangan memasuki kawasan hutan bertempat di Sekretariat Kelompok Tani Hutan Werdhi Wanarta, Lingkungan Munduk Anyar, Kel. Tegalcangkring, Mendoyo, Minggu (25/7). Kegiatan itu salah satu upaya mewujudkan misi pemerintah daerah Jembrana dalam pelestarian dan menjaga kesucian hutan dan pegunungan ( wana kerthi).
Ia  mengapresiasi Kelompok Tani Hutan (KTH) Werdhi Wanarta yang telah membantu pemerintah daerah dalam menjaga alam . Khususnya dengan melaksanakan  gotong-royong dalam pemasangan papan zona larangan di kawasan hutan.
“Saya sangat mengapresiasi langkah KTH Werdhi Wanarta atas kepeduliannya menjaga pelestarian hutan dan semoga ini bisa ditiru oleh kelompok lainnya serta desa mapun kelurahan yang ada di Kabupaten Jembrana khususnya menjaga kawasan hutan yang ada di Jembrana,” Kata Wabup Patriana usai penyeraha  bantuan dan gotong royong pemasangan papan zona larangan.
Wabup Patriana menuturkan, meski pada situasi pandemi covid-19 ini, tentu tantangan sangat berat akan tetapi, tanggung jawab untuk menjaga kelestarian hutan tidak boleh tertunda. Apalagi Kabupaten Jembrana sendiri sangat-sangat berkomitmen dalam pelestarian kawasan hutan berserta lingkungan yang tertera pada visi yaitu mewujudkan masyarakat Jembrana bahagia berlandaskan Tri Hita Karana dengan misi Nangun Sad Kerthi Loka Jembrana, salah satu misinya adalah Wana Kerthi. Sehingga apa yang dilaksanakan kali ini sangat sejalan dengan misi Pemerintah Kabupaten Jembrana.
“Jadi sekali lagi, mari bersama-sama berkomitmen bahwa alam dan lingkungan ini perlu kita peliharan, rawat, jaga secara bersama-sama sehingga nantinya mampu memberikan manfaat secara konservasi, social dan ekonomi untuk keberlangsungan kehidupan kita kedepannya. Mari kita jadikan momentum ini sebagai tonggak untuk melaksanakan pelestarian lingkungan khususnya hutan dalam rangka mewujudkan Nangun Sad Kerthi Loka Jembrana,” ujarnya.
Sementara Ketua KTH Werdhi Winarta I Ketut Dantra menyampaikan terima kasih kepada bapak Wakil Bupati Jembrana atas kehadiran untuk bisa bersama-sama dengan masyarakat melaksanakan kegiatan gotong royong pemasangan papan zona larangan dalam kawasan hutan ini. Salah satunya melarang melakukan perusakan hutan demi menjaga kelestariannya.
“Apa yang menjadi arahan bapak Wakil Bupati tadi tentunya akan menambah motivasi dan semangat seluruh anggota kelompok ikut bersama-sama dalam rangka mewujudkan Nangun Sad Kerthi Loka Jembrana, salah satunya yaitu Wana Kerthi, menjaga kelestarian hutan berserta seleruh ekosistem yang ada didalamnya. Kami dari KTH Werdhi Winarta sangat-sangat berkomitmen akan hal tersebut dan mendukung penuh langkah pemerintah daerah khususnya dalam pelestarian kawasan hutan,” imbuhnya.
Turut hadir dalam kegiatan tersebut perwakilan dari UPT KPH Bali Barat, Lurah Tegalcangkring, beserta seluruh anggota kelompok KTH Werdhi Winarta.(UB)
BACA JUGA  Menteri PPPA minta hak perempuan dan anak pasca gempa bumi terpenuhi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini